Beranda / Berita Pengawasan / Irjen Kemdikbud Pantau UKG di Sumatera Barat

Irjen Kemdikbud Pantau UKG di Sumatera Barat

image
Irjen Kemdikbud Daryanto

Jakarta (Itjen Kemdikbud) – Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Daryanto akan memantau pelaksanaan  uji kompetensi guru (UKG) di beberapa kota di provinsi Sumatera Barat.

Pemantauan dimaksud adalah untuk memastikan apakah kegiatan UKG berjalan sesuai aturan yang berlaku sekaligus menyerap masukan guna peningkatan kualitas pendidikan,  demikian Irjen Daryanto menjelaskan di Jakarta, Minggu.

Kegiatan pemantauan yang secara fisik dilakukan ditempat UKG itu, dilakukan selama tiga hari sejak 16 November 2015 itu, prioritas pertama terpusat dibeberapa tempat di kota Padang dan Padang Pariaman.

Daryanto mengemukakan, UKG dinilai penting untuk mengukur kemampuan setiap guru sesuai kompetensi yang dipercayakan kepadanya sekaligus bertujuan untuk pemetaan kompetensi guru terkait dengan upaya lanjutan berupa pelatihan dan pengembangan guru untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional.

Hasil dari UKG tersebut, nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi profesi guru.

Kegiatan UKG tahun ini,  bakal menyasar 2,9 juta guru yang tersebar diseluruh Indonesia dan berbeda dengan kegiatan tahun 2012 lalu yang hanya mentargetkan 1,3 juta guru memperoleh sertifikasi.
 

Baca Juga

wpid-IMG_1054-360x300.jpg

​PELAKSANAAN UN 2017 OLEH SISWA INKLUSI BERJALAN LANCAR

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) — Pendidikan inklusi memiliki prinsip dasar bahwa selama memungkinkan, semua anak menginginkan belajar ...