Beranda / Uncategorized / Pantau UKG, Irjen Tegaskan Tidak Ada Penurunan Tunjangan Sertifikasi

Pantau UKG, Irjen Tegaskan Tidak Ada Penurunan Tunjangan Sertifikasi

image
Irjen ketika memantau UKG di SMPN 2 Sintuk Toboh Gadang, Padang (16/11/2015)

(Padang Pariaman dan Kota Pariaman/Itjen Kemendikbud)-Setelah sambangi SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang, Irjen Daryanto beserta tim langsung mendatangi SMP N 2 Sintuk Toboh Gadang dan SMA N 1 Kota Pariaman untuk  tegaskan tujuan pelaksanaan UKG.

Di hadapan para guru peserta UKG, Daryanto menegaskan bahwa UKG tidak akan mempengaruhi tunjangan sertifikasi. Berulang kali Daryanto menjelaskan bahwa UKG bertujuan untuk memetakan dan mengukur kompetensi guru. “Setiap guru akan diketahui kompetensinya, di mana lemahnya dan kuatnya sehingga dapat dipetakan untuk mempermudah pelaksanaan pelatihan guru nantinya, untuk meningkatkan kompetensi yang lemah dari setiap guru,” jelas Daryanto. Dia juga menambahkan bahwa jika kegiatan UKG ini rutin dilakukan setiap tahunnya, para guru akan terbiasa dan semakin mempersiapkan diri agar lebih berkompeten. Menurut Daryanto, UKG juga diibaratkan cermin bagi guru untuk mengkoreksi mana yang kurang baik dan mana yang sudah baik. Setelah “bercermin”, guru pasti akan siap dan percaya diri untuk  berhadapan dengan murid sehingga terciptalah proses belajar dan mengajar yang efektif.

Dalam proses pemantauan yang dilakukannya tadi, Daryanto juga mendengarkan dan akan membantu mengatasi permasalahan yang dikeluhkan oleh guru-guru peserta UKG.

image
Inspektur Jenderal sedang melakukan pemantauan melalui CCTV di SMAN 1 Kota Pariaman, Senin (16/11/2015)

Hal yang tidak kalah menarik adalah ketika Daryanto beserta tim menyambangi SMA N 1 Kota Pariaman. Di sana pelaksanaan UKG bisa dipantau menggunakan CCTV. “Tidak hanya UKG, tetapi juga Ujian Nasional kami menggunakan CCTV untuk mencegah tingkat kecurangan. Sistem pemantauan ini kami buat dengan memanfaatkan dana BOS tahun lalu, Pak,” jelas Jaslidar, kepala sekolah SMA N 1 Kota Pariaman.

Kontributor: Aris M.

Baca Juga

wpid-wp-1482906542962.jpg

Bahas Pungli, DPRD Kabupaten Trenggalek Sambangi Itjen Kemendikbud 

(Jakarta/Itjen Kemendikbud)-Rombongan DPRD Kabupaten Trenggalek datangi Itjen Kemendikbud untuk berkonsultasi mengenai pungutan liar di lingkungan ...