Beranda / RAKORNAS APIP 2016 / ​Mendikbud Dijadwalkan Buka Rakornas APIP

​Mendikbud Dijadwalkan Buka Rakornas APIP

Mendikbud saat tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo (15/11)
Mendikbud saat tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo (15/11)

(Solo/Itjen Kemendikbud) Anggaran Fungsi Pendidikan pada 2016 sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 adalah 20 persen atau mencapai 416,6 triliun. Sebanyak 266,6 triliun diantaranya ditransfer ke daerah. Guna mengawal Anggaran Fungsi Pendidikan tersebut, peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) perlu untuk terus ditingkatkan.

Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Nasional APIP mulai hari ini, bertempat di Best Western Premier Hotel, Solo, Rabu – Jumat (15-17/12).

Mendikbud Muhadjir Effendy direncanakan akan membuka kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat daerah di seluruh Indonesia ini. Pada malam ini juga akan diumumkan penyerahan laporan hasil pemetaan anggaran fungsi pendidikan, hasil penilaian Satuan Pengendali Internal Pemerintah (SPIP), dan hasil penilaian Internal Audit Capability Model(IACM).
Adapun pelaksanaan kegiatan ini akan diisi materi penguatan SPIP dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran pendidikan, kebijakan pengawasan terhadap anggaran transfer daerah, akuntabilitas pengelolaan anggaran, anggaran fungsi pendidikan tahun 2017, dan paparan mengenai pencegahan korupsi terhadap anggaran fungsi pendidikan transfer daerah serta kegiatan rekonsiliasi data dan tindak lanjut pemeriksaan hasil BPKP.

Acara Rakornas APIP akan berlangsung hingga Sabtu (17/12) dan diikuti peserta yang merupakan perwakilan Inspektorat dan BPKP di seluruh Indonesia. Acara ini juga dihadiri staf ahli Mendikbud, staf khusus Mendikbud, seluruh pejabat eselon I di lingkungan Kemendikbud, dan pejabat di lingkungan BPKP.

Kontributor : Moch. Bambang S.

Baca Juga

8392

Mendikbud Ingin Dana Transfer Pendidikan Dikelola Efektif

SOLO — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta kabupaten/kota mengelola lebih efektif dana ...