Beranda / Kegiatan Itjen / Kualitas Pengawasan Kemendikbud dinilai sesuai dengan Instruksi Presiden

Kualitas Pengawasan Kemendikbud dinilai sesuai dengan Instruksi Presiden

(Solo/Itjen Kemendikbud)-Kepala BPKP Ardan Adipradana menyingkap keberhasilan Kemendikbud dalam meningkatkan kualitas SPIP saat ini. Kemendikbud merupakan Kementerian Pertama yang dinilai Maturity SPIPnya dan mendapatkan Skor 2,791. Sedangkan dalam penilaian IACM, Itjen Kemendikbud meraih predikat level-III dengan catatan. Hal ini dinilai baik sesuai dengan instruksi Presiden.

Selain itu, kementerian yang dikenal memiliki alokasi dana pendidikan yang sangat besar dan jaringan unit kerja yang sangat luas, tidak mudah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan yang dalam tiga tahun terakhir menempati posisi “Wajar Tanpa Pengecualian” oleh BPK.

Ini dikemukakan Kepala BPKP ketika berbicara pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang diselenggarakan Itjen Kemendikbud di Solo, Kamis (15/12) malam.

Anggaran fungsi pendidikan tahun 2016 dilaporkan mencapai 416,6 triliun, 266,6 triliun di antaranya ditransfer ke daerah.

Alokasi dana tersebut perlu pengawalan oleh semua pihak khususnya Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Bentuk pengawalan tersebut oleh Inspektorat Jenderal Kementerian di Solo.

Rakornas yang dibuka Mendikbud Muhadjir Effendy itu diikuti perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat daerah di seluruh Indonesia mengangkat tema “Peran APIP dalam mengawal anggaran fungsi pendidikan transfer daerah.”

Pada malam ini juga diumumkan penyerahan laporan hasil pemetaan anggaran fungsi pendidikan, hasil penilaian Satuan Pengendali Internal Pemerintah (SPIP), dan hasil penilaian Internal Audit Capability Model (IACM).

Sepanjang Rakornas berlangsung, kegiatan ini diisi materi penguatan SPIP dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran pendidikan, kebijakan pengawasan terhadap anggaran transfer daerah, akuntabilitas pengelolaan anggaran, anggaran fungsi pendidikan tahun 2017, dan paparan mengenai pencegahan korupsi terhadap anggaran fungsi pendidikan transfer daerah serta kegiatan rekonsiliasi data dan tindak lanjut pemeriksaan hasil BPKP.

Kontributor: Emte

Editor: Ririn

Baca Juga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Mari Wujudkan Pemerataan Pembangunan Nasional

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Mari Wujudkan Pemerataan Pembangunan Nasional

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan ...