Beranda / Berita Kementerian / ​Kemendikbud Gelar Rakor UN 2017

​Kemendikbud Gelar Rakor UN 2017

(Jakarta / Itjen Kemendikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Ujian Nasional 2017 diikuti 563 peserta, terdiri dari kepala dinas pendidikan prov/kab/kota, Perwakilan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikn dan Tenaga Kependidikan (P4TK), dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia.

Acara rapat dibuka oleh Kepala Puspendik  Prof. Ir. Nizam, M.Sc.,Ph.D. , “Tujuan rapat koordinasi ini untuk mendapatkan arahan dan kebijakan dalam pelaksanaan UN 2017, lalu rapat ini akan membahas koordinasi UN (Ujian Nasional) dan UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional) yang berisi rencana, persiapan, dan kesiapan, pengawasan, dan hal-hal terkoordinatif lainnya UN dan UASBN agar berjenjang dan komprehensif,” demikian disampaikan Nizam. 

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Mendikbud Muhadjir Effendy yang didampingi oleh Inspektur Jenderal Daryanto, Kepala BSNP, Kepala Balitbang Toto Suprayitno, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, dan Dirjen GTK Suryapranata.

Menurut Mendikbud, pada awalnya Ujian Nasional baru sebatas dikaji di Kementerian, namun berkembang di Media Massa menjadi penghentian, padahal setelah dianalisis dan dikaji bersama, Ujian Nasional hanya sebatas dihentikan sementara disamping menunggu perbaikan infrastruktur dan pemerataan kualitas pendidikan.
“Sejak awal saya memang telah mengevaluasi sistem pendidikan yang serba seragam, aspek kurikulm akan direalisasi betul melibatkan local content, termasuk Ujian Nasional,” ujar Muhadjir

Adapun Kebijakan pada UN yang dipaparkan diantaranya adalah peningkatan standar sekolah menjadi UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional)  dengan rincian 25% soal dari Pusat, dan 75% soal hasil MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan), lalu adanya soal Ujian Nasional Mapel Pilihan bagi siswa SMA Sederajat disamping 3 (tiga) mata pelajaran inti yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, lalu peningkatan sarana prasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Kontributor : Moch. Bambang S.

Baca Juga

wpid-wp-image-1118294266.jpg

​Hadapi Penilaian Reformasi Birokrasi 2017, Ini Tiga Fokus Evaluasi Menurut Kemenpan-RB

(Jakarta / Itjen Kemendikbud) Dalam rangka Pelaksanaan Penilaian Reformasi Birokrasi tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan ...