Beranda / Berita Pengawasan / ​Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumut Apresiasi pelaksanaan UNBK

​Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumut Apresiasi pelaksanaan UNBK

(Medan/Itjen Kemendikbud) Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2016/2017 bersama pihak terkait yaitu Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP RI), Ombusdman RI, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan Propinsi. 

Kegiatan Kelompok Diskusi Terpumpun/Focus Group Discussion (FGD) ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan UN SMA/Sederajat kemudian mencari solusi yang paling tepat sebagai salah satu upaya perbaikan dalam penyelenggaraan UN di tahun yang akan datang. 

Kegiatan FGD tersebut dilaksanakan di 10 Propinsi yaitu : Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua.

Di Propinsi Sumatera Utara kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 April 2017 pukul 08.30 s.d. 11.30 WIB bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dihadiri Sekretaris Itjen Kemendikbud Hindun Basri Purba, SH, M.Si, BPKP Perwakilan Sumut Beligas Sembiring, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut DR. Drs. Arsyad, MM, Perwakilan Ombudsmen Sumut Edward Silaban, LPMP Sumut Yusuf, Tim Pemantau UN Itjen Husein Manalu serta Kepala Sekolah SMAN 1, SMAN 2, SMKN 7 dan SMKN 10.

Secara umum pelaksanaan UNBK dan UNKP Tahun Pelajaran 2016/2017 di Propinsi Sumut berjalan secara tertib sesuai dengan POS, UN bukan penentu kelulusan, respon guru-guru sangat positif karena apa yang diberikan pelajaran ke siswa tampak hasilnya,  guru dan peserta UNBK sangat senang dan komunitas air mata guru sudah tidak ada lagi. 

Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumut mengapresiasi pelaksanaan UNBK yang dipantau di 6 sekolah, pelaksanaan tidak ada ditemukan kecurangan namun masih ditemukan pelanggaran dalam pelaksanaannya.

Hasil pelaksanaan FGD dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan UN SMA/Sederajat Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dapat disimpulkan beberapa hal, sebagai berikut :

1. Pelaksanaan UNBK dan UNKP berjalan dengan baik dan nilai integritas meningkat dibanding tahun sebelumnya. Walaupun sedikit ada masalah teknis di sekolah seperti listrik dan jaringan namun tidak mengganggu pelaksanaan ujian.

2. Respon masyarakat pelaksanaan UNBK sangat positif.

3. Dinas Pendidikan Provinsi Sumut akan menindaklanjuti hasil temuan pemantauan pelaksaaan UNBK dan UNKP.

Kesimpulan ini akan disampaikan kepada para pihak yang memiliki keterkaitan dalam proses penyelenggaraan Ujian Nasional sebagai salah satu bahan masukan dan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan demi mewujudkan penyelenggaraan Ujian Nasional yang lebih baik di tahun yang akan datang. (HBS/ASB)

Baca Juga

Irjen Kemendikbud Daryanto dalam Dialog PPDB Antisipasi Pungutan Liar

IRJEN SOSIALISASI PPDB BEBAS PUNGLI

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) – Memasuki tahun ajaran baru, Kementerian Pendidikan Kebudayaan mengantisipasi adanya pungutan liar dalam ...