Beranda / Berita Pengawasan / ​Evaluasi Pelaksanaan UN, Kemendikbud Gelar Konferensi Pers

​Evaluasi Pelaksanaan UN, Kemendikbud Gelar Konferensi Pers

Inspektur Jenderal Daryanto (tengah) saat melaksanakan konferensi pers di Gedung A Kemendikbud, Kamis(13/4)
Inspektur Jenderal Daryanto (tengah) saat melaksanakan konferensi pers di Gedung A Kemendikbud, Kamis(13/4)

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) – Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto dan sekretaris Balitbang Dadang Suhendar mewakili Kemendikbud memberikan penjelasan dan evaluasi mengenai pelaksanaan UN SMA 2016 di Gedung A Kemendikbud pada Kamis (13/4) sore.

Dalam kesempatan tersebut, Dadang menyampaikan bahwa pada tanggal 15 dan 16 April akan dilaksanakan UN Paket C gelombang pertama, sedangkan gelombang yg kedua diadakan pada 22 dan 23 April. Adapun pelaksanaan ujian susulan akan digelar tanggal 18 -19 April. Khusus untuk Provinsi DKI Jakarta, karena pada tanggal 19 April bertepatan dengan pilkada, ujian susulan diadakan pada 20 April.

Sekretaris Balitbang juga menyampaikan agenda ujian yang akan datang yaitu tanggal 2-8 Mei untuk Ujian Nasional jenjang SMP. Adapun ujian paket B akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei. Mengevaluasi dari sebelumnya, menurutnya sejauh ini pelaksanaan UNBK dan UNKP berjalan dengan baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Irjen Daryanto. Menurutnya, UNBK dan UNKP secara keseluruhan berjalan baik. Hal itu terlihat dari sedikitnya jumlah pengaduan yang masuk pada hari terakhir di Posko Pengaduan Itjen dan pengaduan tersebut lebih banyak ke hal yang lebih teknis dan kebocoran soal sehingga tidak terlalu banyak masalah yang signifikan. 

“Kami juga sudah memberi saran dan peringatan agar para pengawas juga harus bersih,” tegas Irjen Daryanto. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa Itjen telah mengirim tim ke Padang Sidempuan untuk kasus siswi yang meningggal di sana. Tim Itjen bersama Ombudsman akan mengawal investigasi penyelesaian kasus tersebut.

“Terkait lima guru yang melanggar kode etik profesi, kami juga sudah mengirim tim untuk investigasi kasus tersebut,” tambahnya. Ia juga menegaskan bahwa kasus-kasus pelanggaran seperti itu akan ditangani secara serius oleh Itjen.

Kontributor: Nehru

Baca Juga

wpid-IMG-20170413-WA0010.jpg

​Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumut Apresiasi pelaksanaan UNBK

(Medan/Itjen Kemendikbud) Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan Ujian ...