Beranda / Kegiatan Itjen / Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Mari Wujudkan Pemerataan Pembangunan Nasional

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Mari Wujudkan Pemerataan Pembangunan Nasional

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung di halaman Gedung A dan diikuti oleh seluruh perwakilan unit utama termasuk Inspektorat Jenderal yang mengirimkan 2(dua) pleton pasukan upacara. Pada tahun 2017 ini peringatan Harkitnas mengambil tema “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”.

Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto yang membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dalam sambutannya mengatakan bahwa semangat kebangkitan nasional tidak pernah memudar, namun justru menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa saat ini. Semangat yang diwarisi sejak berdirinya Boedi Utomo pada 1908, sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.

Sejak satu abad lebih sejak organisasi Budi Utomo digagas telah memunculkan dimensi baru dalam lanskap sosial budaya seluruh umat manusia. “Dengan inovasi digital, mungkin kita dihadapkan pada kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun tak kalah juga yang mengancam ikatan bangsa, satu hal yuang pasti, kita harus tetap berpihak mendahulukan kepentingan bangsa di tengah gempiran lawan yang tak kasat mata,” kata Daryanto.

Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. “Aspek pemerataan pembangunan antarwilayah diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,”jelas Daryanto.

Kontributor : Moch. Bambang S

Gambar : Radio Itjen

Baca Juga

Silaturahmi Lebaran Itjen Kemendikbud

PERERAT SILATURAHIM, ITJEN GELAR HALALBIHALAL PASCALEBARAN

(Jakarta/Itjen Kemdikbud) – Mempererat tali silaturahmi antarpegawai, keluarga besar Inspektorat Jenderal Kemendikbud mengadakan halalbihalal dengan ...