Beranda / Berita Pengawasan / IRJEN SOSIALISASI PPDB BEBAS PUNGLI

IRJEN SOSIALISASI PPDB BEBAS PUNGLI

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) – Memasuki tahun ajaran baru, Kementerian Pendidikan Kebudayaan mengantisipasi adanya pungutan liar dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sistem penerimaan siswa baru tah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 17/Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk lain yang sederajat.

Indikasi mengenai pungutan liar dalam sistem penerimaan siswa baru menjadikan Tim Saber Pungli intensif melakukan pengawasan di jenjang sekolah. Inspektur Jenderal Daryanto menganjurkan agar orangtua siswa tidak mengikuti arahan dari pihak sekolah jika memang dianggap mengandung pungutan liar.

“Antisipasi pungli ini sebenarnya Kemendikbud sudah bekerja sama dengan Ombudsman dan juga KPK, mengingat Permendikbud no 17/Tahun 2017 bahwa PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru yang berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan juga tanpa diskriminasi,” jelas Irjen Daryanto saat Live Dialog Semangat Pagi Indonesia di Televisi Republik Indonesia (TVRI), Jakarta (12/6).

Tema yang diangkat dalam live dialog tersebut adalah “Penerimaan Siswa Baru & Antisipasi Pungli” yang juga membahas mengenai zonasi peserta didik. Ada pun keterkaitan zonasi tercantum dalam Permendikbud No. 17/Tahun 2017 bahwa zonasi memberikan kemudahan kepada siswa untuk bersekolah sesuai wilayah atau daerahnya dan radius atau jarak kilometer akan disesuaikan oleh tiap-tiap Pemerintah Daerah.

“Karena setiap daerah itu berbeda-beda jaraknya sehingga sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah yang akan menetapkan jarak tersebut. Intinya, zonasi ini ditujukan kepada anak-anak kita agar tidak dipersulit dalam menimba ilmu menggunakan sarana pemerintah. Tentunya, hal ini bisa mendorong peningkatan akses layanan pendidikan Indonesia semakin baik,” ungkap Irjen. (WNH)

Dialog mengenai hal ini dapat disaksikan melalui tautan berikut klik disini

Baca Juga

wpid-IMG_0981-1024x683.jpg

​RASA HARU MENYELIMUTI DI HARI TERAKHIR UN 2017

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) — Hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasioanl 2017 mendapatkan perhatian berbeda dari hari sebelumnya. ...