Beranda / Laman Itjen / Tingkatkan Kerjasama, Itjen Kemendag Lakukan Kunjungan Kerja

Tingkatkan Kerjasama, Itjen Kemendag Lakukan Kunjungan Kerja

(Jakarta/Inspektorat Jenderal) – Inspektorat Jenderal Kemdikbud mendapat Kunjungan Kerja dari Inspektorat Jenderal Kementerian Perdagangan dalam rangka bersinergi meningkatkan kerjasama bidang peningkatan Peran APIP, Kinerja dan SDM di masing-masing lembaga.

Irjen Kemendikbud Daryanto secara langsung menyambut Irjen Kemendag Srie Agustina berserta staf di Ruang sidang Lantai 3 Gedung B, Itjen Kemendikbud, Selasa (17/10/2017).
Acara dibuka oleh Irjen Daryanto dengan mengenalkan Para Pejabat di lingkungan Itjen Kemendikbud. Daryanto menyampaikan materi terkait tugas pokok dan fungsi dari Itjen Kemendikbud, apa saja sasaran Itjen Kemendikbud sehingga dapat mencapai Internal Audit Capability Model (IACM) level 3, melakukan manajemen resiko, dan melakukan pengawasan berbasis resiko sehingga terciptanya Nawa Cita yang di dengungkan oleh Presiden RI.

Irjen Daryanto juga mengatakan bahwa pentingnya penguatan SPI yang berintegritas sebagai pengawas intern di tiap unit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “SPI ini yang membantu Inspektorat sebagai pra audit nantinya, SPI juga memberikan rekomendasi atau masukan agar dapat menghindari terjadinya temuan dalam hal pelaporan keuangan dan lainnya,” tambah Daryanto.

Hal yang tidak kalah penting adalah pengendalian gratifikasi. Perlu diketahui, bahwa pelaporan gratifikasi Kemendikbud dari tahun ke tahun menurun secara drastis. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sangat sedikit pegawai dilingkungan Kemendikbud yang menerima gratifikasi. Pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) pun menjadi elemen penting dalam meningkatkan level suatu Lembaga atau Kementerian dalam hal kepatuhan penyelenggara negara. Kemendikbud sendiri dalam pelaporan LHKPN sudah mencapai 98,9 % itu artinya hampir seluruh pejabat Kemendikbud mengikuti pengisian LHKPN tersebut.

Itjen Kemendikbud juga melakukan Telaah Sejawat bersama Kementerian lainnya agar dapat saling memberikan penilaian, masukan dan rekomendasi tentang apa saja kekurangan dan kelebihan dari masing masing Kementerian atau lembaga yang dapat diperbaiki dan ditingkatkan.

Dalam kunjungannya kali ini Irjen Kemendag Srie Agustina menyampaikan sangat terkesan dengan sambutan hangat dari Itjen Kemendikbud, “Dari pertama masuk auranya sangat baik, pelayanannya sangat baik, ”ujar Srie Agustina sambil tersenyum. (NHR/MBS)

Galeri :

Baca Juga

​Tumbuhkan Minat Wirausaha, DWP Kemendikbud Adakan Workshop dan Silaturahmi

(Jakarta/Inspektorat Jenderal)-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemendikbud mengisi silaturahmi dengan workshop kewirausahaan pada Selasa (28/2) di ...