Irjen Kemendikbud : Jangan Curigai Sekolah

  333 views

Jogyakarta, (Itjen Kemendikbud) - Inspektur Jenderal Kemendikbud meminta kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk menyudahi kecurigaan terhadap sekolah hanya lantaran isu pungutan  dengan dalih untuk memajukan pendidikan.

"Ini penting kita tegaskan ulang, jangan sampai satuan pendidikan menjadi gamang dan penuh ketakutan dalam menunaikan kewajiban menjalankan roda pendidikan," tegas Plt Irjen Kemendikbud,Totok Suprayitno,ketika membuka Rapat KordInasi Pencegahan Korupsi dengan tema "Pencegahan Pungutan Liar di Bidang Pendidikan" di Jogyakarta, Minggu malam(13/5).

Belakangan terjadi ambiguitas tentang istilah sumbangan, bantuan dan pungutan sekaligus  menjadi pemicu ketakutan sekolah setelah adanya ketentuan ketentuan "Saph Bersih (Saber) Pungli", padahal sebelumnya ada toleransi  dalam membantu kegiatan komite sekolah memajukan sekolah.

Istilah yang bermakna tipis namun beresiko besar dalam ancaman hukum itu, hingga terjadi kecenderungan pihak komite dan sekokah bersikap apatis, sementara pembiayaan  pendidikan yang berasal dari pemerintah masih relatif kecil  untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan.

"Apapun nama dan istilahnya, yang penting semangatnya dalam membantu memajukan dalam peningkatan  kualitas pendidikan", ujar Toto.

Rakor diikuti 180 peserta dari  berbagai pemangku kepentingan dibidang pendikan, khususnya terkait upaya pencegahan pungutan liar seperti Kepolisian, Kejaksaan, KPK, BPKP,  Ombudsman selain inspektorat dilingkungan  Itjen Kemendikbud. (Emte)

Irjen Kemendikbud : Jangan Curigai Sekolah