Kemendikbud Raih Tiga Prestasi pada Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2017

  1470 views

(Jakarta/ Itjen Kemendikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil menorehkan beberapa prestasi pada gelaran tahunan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (12/12).

Kemendikbud berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu Kementerian dengan tingkat kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaik. Penghargaan ini diserahkan oleh Laode M. Syarif, Wakil Ketua KPK kepada Daryanto Irjen Kemendikbud mewakili Mendikbud, dan diberikan kepada 14 (empat belas) Kementerian/Lembaga/Pemda/BUMN lainnya. Keempat belas lembaga tersebut adalah Bank Indonesia (BI), Kemen PUPR, Kemenag, Kemenkeu,Pemprov DKI Jakarta,Pemkab Sampang,Pemkot Yogyakarta,Pemprov NTB,Pemprov Jateng,Bank BJB,PT KAI Persero, PT Pertamina Persero, PT PLN Persero serta PT Telkom Persero.

Kemendikbud juga dianugerahi penghargaan sebagai Anjungan Terbaik Ketiga (Best Booth Award) yang langsung diserahkan oleh Saut Situmorang Wakil Ketua KPK kepada Irjen Kemendikbud. Tema anjungan yang diambil yaitu “Pendidikan Karakter Melawan Korupsi” (selengkapnya). Prestasi ini sekaligus mengulang sukses yang pernah diraih pada tahun 2015. Kala itu, anjungan Kemendikbud berhasil menjadi Juara Favorit I dalam ajang yang sama.

Capaian lainnya adalah diberikannya predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada tiga satuan kerja di lingkungan Kemendikbud. Ketiga satker tersebut adalah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (P4TK BOE) Malang, dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD) Dikmas Jawa Timur. Piagam WBK disampaikan oleh MenPAN dan RB kepada Pimpinan Satker terkait.

Capaian-capaian tersebut sangat membanggakan dan merupakan bukti kerja keras lintas unit di lingkungan Kemendikbud. Keberhasilan ini memacu untuk menunjang keberhasilan reformasi birokrasi.

Pameran Hakordia adalah salah satu acara dalam rangkaian peringatan hari antikorupsi sedunia 2017 yang diperingati setiap 9 Desember. Tahun ini  tema yang diangkat adalah “Bergerak Bersama Memberantas Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera”. Dalam sambutan penutupan Hakordia, Wakil presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa pencegahan korupsi harus dilakukan di berbagai bidang, antara lain pendidikan, birokrasi, dan kesejahteraan. (AB/MBS)

Kemendikbud Raih Tiga Prestasi pada Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2017