Adaptasi Pandemi, Museum Nasional Buka Program Kunjungan Virtual


Jakarta, (Itjen Kemendikbud) - Menyesuaikan diri dengan pandemi Covid 19 yang mengharuskan sebagian besar Siswa di Indonesia melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan masyarakat umum membatasi aktivitas di luar rumah, Museum Nasional melakukan program Kunjungan Virtual. Sesuai namanya, program memungkinkan pengunjung mengeksplorasi Museum Nasional dan mendapatkan informasi dari pemandu. Selain dari mendukung PJJ, program ini diharapkan bisa memberikan alternatif kegiatan terutama bagi siswa yang mulai bosan dengan belajar dari rumah saja. Pendaftaran program dan pengisian formulir bisa diakses di tautan bit.ly/pjjmuseum untuk sekolah dan http://bit.ly/museumnasionalvirtual untuk perorangan/masyarakat umum.

Museum Nasional menyediakan waktu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat 09.00-15.00 WIB untuk kunjungan virtual dari rombongan sekolah (SD/SMP/SMA/sederajat). Adapun pengunjung perorangan diberikan waktu setiap hari Selasa dan Kamis pukul 10.00-11.30 WIB dan 13.30-14.30 WIB. Layanan kunjungan virtual libur pada Hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional dan cuti bersama.

Kunjungan virtual dilakukan melalui webinar menggunakan aplikasi zoom yang mempunyai kapasitas hingga 500 peserta difasilitasi oleh pihak Museum Nasional. Peserta akan diajak berkeliling menggunakan aplikasi Museum Nasional Virtual dipandu langsung oleh Edukator Museum Nasional. Pemanduan bersifat interaktif, sehingga siswa dapat langsung bertanya jika ada yang perlu ditanyakan.

Sementara itu, layanan kunjungan langsung/ luring ke Museum Nasional masih ditutup sejak diberlakukannya PSBB Jakarta 14 September lalu. Hingga saat ini belum ada rencana pembukaan kembali layanan kunjungan langsung tersebut. Program kunjungan virtual ini sementara menjadi akses satu-satunya untuk menjelajah Museum Nasional.