Alunan Musik Nusantara Berkumandang di RNPK Tahun 2019


(Depok/Itjen Kemendikbud)-SMK TI Muhammadiyah Cikampek (Mutu Chamber Aroemba Orchestra) menampilkan lagu-lagu bergenre pop dengan campuran aransemen etnik di acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2019 di Depok, Jawa Barat, pada Senin (11/02/2019) malam.

Orchestra SMK TI Muhammadiyah memainkan alat-alat musik campuran dari alat musik modern dan alat musik tradisional seperti: gitar, drum, violin, cello, electone, angklung, seruling, kecapi dan gambang. Permainan yang indah di pertunjukkan dengan membawakan lagu dari Maher Zein dan medley lagu-lagu daerah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, para pejabat eselon Kemendikbud, dan para peserta RNPK 2019.

Herman salah satu pemain gambang dari SMK TI Muhammadiyah Cikampek menyampaikan bahwa mereka sangat terkejut bermain di acara RNPK Tahun 2019 "Kami sangat tidak percaya bahwa kami bisa diundang oleh Kemendikbud karena menurut kami masih banyak orchestra lain yang lebih bagus dari kami," ujar Herman.

Chandra pemain gambang dari SMK TI Muhammadiyah Cikampek menambahkan bahwa mereka senang bermain di acara RNPK Tahun 2019 dan senang karena dapat melestarikan budaya dari daerah. Saya bersama teman-teman orchestra sangat senang bisa tampil di acara ini dan bisa menjadi memperkenalkan alat musik daerah kami yaitu gambang kepada peserta acara ini," tambahnya. (DS)