Di Tangan Pelajar SMK Magelang Biji Salak Bisa Disulap Jadi Kopi


Depok (Itjen Kemendikbud) – SMK Muhamammadiyah Salaman Magelang (Jateng) ternyata sangat kreatif. Di tangan mereka, biji salak pun kini bisa disulap menjadi kopi. Hal ini terungkap dalam Pameran RNPK 2019 di Pusdiklat Kemendikbud, Sawangan Depok, Senin.
Perwakilan SMK Muh Salaman Fajar Agung Kurniawan mengatakan, sekolahnya ingin menjadikan buah salak menjadi daya tarik baru di masyarakat. Biji salak yang selama ini dibuang berserakan, bisa diolah menjadi kopi yang enak. Caranya, setelah dipotong kecil-kecil, dikeringkan dan disangrai, lalu ditumbuk halus baru disaring.
Di SMK Muhammadiyah Salaman, Magelang (SMK Muh Salaman), buah salak dicoba untuk dinaikkan derajatnya, dari buah yang harganya murah meriah menjadi jadikan buah salak yang punya daya tarik tersendiri. Dari dagingnya bisa dijadikan manisan salak, keripik salak, geplak salak, sirup salak dan sebagainya. 
Produksi olahan salak ini mempunyai merek yang bernama "Savory". "Savory" diambil dari kata "salak favorit". Kata Agung Kurniawan, awalnya sekedar mencoba agar buah salak bisa menjadi daya tarik yang baru. “Setelah hasil olahan dipasarkan ternyata banyak yang menyukai dan mulai memesan." kata Fajar.
SMK Muh Salaman berharap dengan ikut serta dalam pameran ini, bisa mengenalkan produk-produk lokal berkualitas kepada masyarakat Indonesia terutama pengunjung pameran RNPK 2019. (IRN/FIK)