EduCaffe SMKN 3 Tangerang Hadir di RNPK 2019


(Depok/Itjen Kemendikbud)-SMKN 3 Tangerang ikut meramaikan pameran Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) lewat sajian dari EduCaffe. EduCaffe merupakan kafe yang ada di SMKN 3 Tangerang yang dikelola oleh siswa kelas 12 dan produknya dijual kepada masyarakat. Produk yang dijual beragam, mulai dari dessert seperti brownis dan puding, sampai main course seperti nasi dengan sambal printil yang berisi bola-bola daging sapi berbumbu dilengkapi daun mengkudu.

Educaffe SMKN 3 Tangerang merupakan salah satu pilot project dari Kemendikbud untuk SMK jurusan tata boga. “Tidak semua sekolah dengan jurusan tata boga dapat membuat kafe di sekolah seperti di sekolah kami,” ujar Retvika, siswa kelas 12 yang juga mengelola Educaffe. Menurutnya, persiapan mengenai keikutsertaan mereka dalam pameran sudah dilakukan sejak dua minggu yang lalu dengan berbagi tugas. Di acara RNPK 2019 ini tim dari educaffe SMKN 3 Tangerang terdiri dari empat orang dengan tugas masing-masing, yaitu chef, bar, kasir, dan penyaji/waitress. Retvika sendiri dalam pameran bertugas sebagai penyaji.

Retvika juga menjelaskan selain di sekolah, produk-produk dari educaffe juga dijual melalui media sosial instagram dengan akun @educaffesmkn3tng. Untuk menu main course, menurut Retvika, tidak selalu sama setiap harinya. “Ada beberapa menu spesial yang berganti-ganti setiap hari di educaffe,” jelas siswa yang sejak kecil memang sudah menyukai kegiatan memasak itu.

Tidak hanya jurusan tata boga yang ada di SMKN 3 Tangerang. Retvika menyebutkan ada juga jurusan akomodasi perhotelan, kecantikan, tata busana, dan teknik komputer jaringan. “Tapi memang yang paling banyak di jurusan tata boga,” katanya. (RIN)