Enam Provinsi Alami Buta Aksara Tertinggi


Depok - Itjenkemdikbud - MELEK aksara menjadi salah satu topik bahasan yang diangkat dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019.

Data yang dihimpun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2018 menyebutkan, angka buta aksara pada penduduk usia 15-59 tahun secara nasional mencapai 2,1 persen (3.474.695 orang).

Dari enam provinsi yang mendapat predikat buta aksara tertinggi,  Papua bertengger pada urutan pertama dengan  25,5 persen, Nusa Tenggara Barat 7,9 persen, Nusa Tenggara Timur 5,4 persen,  Sulawesi Selatan 4,7 persen, Sulawesi Barat 4, 4 persen dan  Kalimantan Barat 4,3 persen.

Keenam provinsi tersebut termasuk dalam kategori zona merah yang merupakan zona paling berbahaya sehingga penanganan buta aksara di wilayah tersebut harus lebih diintensifkan.

Persentase angka bukta akasara tersebut juga membuktikan bahwa ketimpangan pendidikan di tanah air masih merata sehingga harus menjadi  fokus sasaran pendidikan program keaksaraan Kemendikbud 2019 dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih berkualitas. (AD/NS)