Jelang Gala Siswa Indonesia, Kemendikbud Gelar Konferensi Pers


(Jakarta/Itjen Kemendikbud)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengadakan Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) yang akan dimulai pada Selasa (9/10/2018). Rangkaian acara ini dimulai dengan mengadakan konferensi pers GSI di Perpustakaan Kemendikbud, Gedung A, Lt. Dasar, kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, pada Senin (08/10/2018). GSI adalah Ajang Kompetisi Sepakbola Siswa SMP yang dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

“GSI dilaksanakan sebagai wujud menjalankan program Nawacita Bapak Presiden Joko Widodo yakni Revolusi Mental melalui olahraga,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad.

GSI diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 21 Oktober 2018, di Jakarta. Kompetisi ini diikuti oleh 612 peserta dan 136 pendamping (official) dari 34 provinsi se-Indonesia. Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI diikuti 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota, dengan jumlah peserta 11.435 sekolah.

GSI tingkat nasional akan diselenggarakan sebanyak 64 pertandingan. Pertandingan babak penyisihan berlangsung pada tanggal 10-15 Oktober 2018 di GOR Cendrawasih Cengkareng, Jakarta Barat dan GOR Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan.

“Saya pikir ini akan menjadi tulang punggung yang akan menghasilkan atlet terbaik dan akan menjadi cikal bakal tim nasional,” ujar Brand Ambassador GSI Indra Sjafri.

Juara I Tingkat Nasional Tahun 2018 akan mengikuti pelatihan dan sparing partner bersama klub Juventus di Kota Turin, Italia. “Melalui olahgara kita dapat belajar kejujuran dan sportivitas,” ujar Indra. (NP/NML)

Tags

Gala Siswa Indonesia
GSI
PSSI