Kemendikbud, Kemendagri dan Kemenkeu Sepakat Bangun Sinergitas Pengawasan BOS


Jakarta, (Itjen Kemendikbud) – Tiga kementerian masing-masing melalui Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Kemendagri dan Kemenkeu sepakat untuk membangun sinergitas pengawasan terhadap penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan harapan alokasi dana benar-benar sampai kepada peruntukannya.

“Kami mendukung penuh inisiatif dari Irjen Kemendikbud, karena apapun alasannya kita sepakat bahwa alokasi dana pendidikan selain besar juga sangat menjadi penentu kualitas pendidikan kita,” tegas Irjen Kemendagri, Tumpak Haposan Simanjuntak ketika terlibat dalam webinar hari Kamis.

Penegasan serupa juga dikemukakan Irjen Kementerian Keuangan, Sumiati, dengan titik perhatian perlu dibangun sebuah pedoman khusus tentang pengawasan dana BOS selain membangun system dengan pendekatan IT.

Dukungan serupa juga diberikan oleh para Inspektur Daerah masing-masing dari provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta serta Inspektur kabupaten Bogor, Tangerang dan Tangerang Selatan yang secara umum memberikan alasan serta kendala yang ditemui di lapangan di masing-masing daerah.

Irjen Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang, memberikan apresiasi atas dukungan Kemendagri dan Kemenkeu serta para Inspektur Daerah yang secara bulat mengedepankan kepentingan akuntabilitas pengelolaan dana pendidikan BOS dalam menunjang keberhasilan dunia pendidikan berkualitas.

“Tentu kita tidak berhenti sampai disini, karena butuh pematangan sampai ketahapan implementatif”, Tegas Chatarina, dengan mengemukakan bahwa Tim Irjen Kemendikbud berusaha untuk menuntaskan pekerjaan prioritas seperti menyangkut pedoman sinergitas pengawasan BOS dan kesiapan basis IT.