Kemendikbud Lakukan Optimalisasi Sistem Pendokumentasian


(Jakarta/Itjen Kemendikbud)-Didik Suhardi selaku Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengingatkan optimalisasi penggunaan e-gov untuk tata kelola anggaran, SDM, dan aset Kemendikbud. Optimalisasi ini bertujuan untuk penguatan akuntabilitas dalan rangka aksi penguatan Reformasi Birokrasi pada lingkungan Kemendikbud.

E-gov yang terdapat di lingkungan Kemendikbud meliputi e-planning, e-Office, e-Molk, dan e-SDM (e-SKP, e-Kehadiran di 34 provinsi).

Selain pengembangan e-gov, untuk penguatan akuntabilitas, terdapat SISMINRA (Sistim Administrasi Bendahara) dan SimPeL (Sistim Pengadaan Langsung). Selain itu, Didik juga menjelaskan beberapa sistem pendokumentasi e-gov pada lingkungan Kemendikbud.

Pertama, Sistem Informasi Keuangan. Sistem Informasi Keuangan ini dapat dilihat melalui lama molk.kemdikbud.go.id. Tujuan dari sistem ini adalah untuk memudahkan memantau pengembangan penyerapan anggaran. Targetnya adalah seluruh satker pusat maupun satker daerah telah terkoneksi ke server Kemendikbud.

Kedua, Sasaran Kerja Pegawai pada laman skp.sdm.kemdikbud.go.id. Tujuan dari sistem ini adalah meminimalisasi terjadinya kehilangan dokumen, memudahkan pencarian dan pelacakan dokumen, meningkatkan fungsi monitoring, mempercepat respons terhadap permintaan suatu layanan, kerahasiaan informasi, dan paperless.

Ketiga, Sasaran Kerja Pegawai pada laman skp.sdm.kemdikbud.go.id. Tujuan sistem ini adalah untuk mewujudkan pembinaan PNS berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier.

Keempat, Sistem Kehadiran Terpusat pada laman kehadiran.sdm.kemdikbud.go.id.

Kelima, Sistem Informasi e-Planning pada laman eplanning.kemdikbud.go.id. Tujuan dari laman ini adalah untuk meningkatkan kualitas perencanaan kualitas perencanaan yang menuntut komitmen, perubahan prilaku, pengembangan kapasitas SDM, dan didukung kemajuan teknologi berbasis TIK.

Selain itu, ada Digitalisasi Aset (e-Aset) pada laman aset.kemdikbud.go.id, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada laman eperformance.kemdikbud.go.id, Sistem Informasi Pemantauan Pengendalian dan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan pada laman siperpu.kemdikbud.go.id, dan Sistem Monitoring Pengadaan Langsung (SimPeL). (UKI)

Tags

Reformasi Birokrasi