Kemendikbud Miliki Gedung Pusat Arsip Sendiri


Jakarta, (Itjen Kemendikbud) -  Mendikbud Muhadjir Effendy hari Senin (25/2/2019) direncanakan meresmikan Pusat Arsip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kelurahan Ciketing, Kecamatan Bantar Gebang kabupaten Bekasi Jawa Barat, sebagai dukungan pencapaian tugas bidang kearsipan seperti  amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009.

Gedung Pusat Arsip Kemendikbud itu, nantinya berfungsi menampung seluruh arsip statis milik Kemendikbud yang belakangan ini disimpan di beberapa satuan kerja utama Kemendikbud.

Akhir tahun lalu  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  sempat melakukan pemindahan 332 berkas arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesila (ANRI) yang diserahkan langsung  Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, kepada Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Andi Kasman M.

Beberapa tahun sebelumnya Kemendikbud berangsur-angsur telah melakukan pemindahan arsip ke ANRI sejak tahun 2006, hingga saat ini total  arsip yang dipindahkan berjumlah 12.803 arsip. Satuan kerja Kemendikbud yang melakukan pemindahan arsip pada kesempatan ini adalah Biro Hukum dan Organisasi, Sekretariat Jenderal; Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Ditjen Kebudayaan; Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Ditjen Kebudayaan; Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudayaan, dan; arsip media baru berupa film, Ditjen Kebudayaan.

Selain pemindahan arsip statis, unit utama di lingkungan Kemendikbud juga telah melakukan serah terima arsip inaktif sebanyak 230.145 berkas kepada Sekretariat Jenderal melalui Biro Umum selaku pembina kearsipan dan pengelola Pusat Arsip Kemendikbud di Ciketing, Bekasi.

“Kami sudah membangun kembali kearsipan di Ciketing, ini menunjukan keseriusan kami dalam mengurusi kearsipan kami,” pungkas Didik.(emte)