Kemendikbud Resmikan Program Karya Vokasi Bertajuk "V-Factor Indonesia"


Jakarta (Itjen Kemdikbud) - Mengadopsi tayangan pencarian bakat bernama Factor-X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hadirkan program unjuk karya vokasi bertajuk "V-Factor Indonesia". Program ini diresmikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto sebagai wujud ruang inkubasi, ruang ekspresi, ruang fasilitasi, dan ruang apresiasi bagi peserta didik vokasi yang inovatif dan kreatif

“Dengan gelar unjuk karya dan kompetensi vokasi Indonesia diharapkan dapat merespon stigma masyarakat tentang pendidikan vokasi, serta mendorong percepatan lahirnya tenaga-tenaga terampil dan ahli di bidangnya yang siap menghadapi era revolusi industri 4.0,” ujar Wikan dalam peresmian program V-Factor di Jakarta, pada Senin (16/11/2020).

lebih lanjut Wikan menegaskan, meski menyajikan konsep yang sama dengan Faktor-X, V-Factor Indonesia bukan untuk dilombakan. Sebab kata Dirjen Pendidikan Vokasi tersebut acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan vokasi se-Indonesia.

“V-Factor Indonesia juga salah satu upaya untuk meyakinkan dunia usaha dan dunia industri, kalau siswa vokasi itu sebenarnya handal dan siap menghadapi dunia kerja. Sehingga menciptakan kebanggaan kepada seluruh peserta didik vokasi bahwa vokasi sama baiknya dengan pendidikan umum lainnya,” terangnya.

Rencananya hajatan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi ini akan berlangsung hingga 22 November mendatang dan disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube Ditjen Pendidikan Vokasi sebagai imbas dari Pandemi COVID-19. Dari total 132 peserta yang ikut dalam program ini, tersaring 31 karya yang nantinya akan berkompetisi pada bidang manufaktur, konstruksi, hospitality, care service, hingga industri kreatif.