Keripik Parijoto turut meriahkan pameran Rembuknas 2019


Depok - Itjen kemdikbud - PAMERAN yang digelar di tengah Rembuknas Kemendikbud (RNPK 2019) di gedung Pusdiklat kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat, dibuka, Senin pagi (11/02) menampilkan berbagai produk peralatan dan hasil pertanian dan juga kuliner dari sejumlah daerah termasuk keripik parijoto dari Kudus.

SMK Assa'idiyyah 2  Kudus, Jawa Tengah misalnya, membuka stan kuliner khas Kudus berupa sate kerbau, garang asam hingga keripik parijoto.

Alfina Maudina Kusuma Putri, seorang siswi penjaga stan pameran menuturkan bahwa tujuan keikutsertaan SMK Assa’iidiyyah membuka stan di tengah ajang RNPK 2019 agar masyarakat dapat mengenal dan mencicipi kenikmatan kuliner dari Kudus.

Keripik parijoto berbahan dasar buah parijoto yang merupakan buah khas gunung Muria. Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna ungu. Pengelohan buah ini hingga menjadi keripik terbilang cukup unik. Buah  harus diblender terlebih dahulu lalu baru dicampurkan kedalam adonan keripik yang sudah disiapkan.

"Kami bawa buahnya langsung dari Kudus ke Sawangan, Depok. Pembuatan keripik ini juga kami lakukan di penginapan kami. Jadi keripik ini langsung 'fresh from the oven' agar tidak berubah citarasa khas-nya" ujar Alfina dalam Pameran Rembuknas 2019 Pusdiklat Kemendikbud Sawangan Depok.

Alfina menambahkan,  salah satu kendala yang dihadapi untuk menampilkan keripik parijoto di pameran RNPK 2019 yakni  menjaga agar bahan makanan yang dibawa dari Kudus agar tetap segar. (ULF/NS)