Masalah Guru Jadi Bahasan Strategis Rembuknas 2018


Jakarta (Itjen Kemendikbud) – Seluk beluk masalah guru di tanah air, bakal menjadi topik bahasan strategis para peserta Rembuk Nasional  (Rembuknas) Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2018 yang bakal berlangsung  mulai hari Senin 5 – 7 Februari 2018 di Pusdiklat Sawangan, Jawa Barat.

Mengutip sumber dari pihak panitia hari Kamis 1/2 di Jakarta, dunia seputar guru selalu menjadi perhatian penting Kementerin Pendidikan Dan Kebudayaan karena untuk memajukan dunia pendidikan di tanah air memiliki korelasi dengan keberadaan guru.

Menurut catatan Kemendikbud, tahun 2017 Jumlah guru per-bulan Juni berjumlah  3,268 juta  orang,  1,623 juta orang guru diantaranya adalah berstatus pegawai negeri sipil.

Dari jumlah guru tersebut, hanya 44 % diantara telah tersertifikasi.

Masalah yang sedang dihadapi dalam kurun waktu lima tahun kedepan adalah adanya pengurangan  404.900 guru PNS  lantaran sudah memasuki masa pension.  Jumlah ini bakal berpengaruh terhadap proses belajar mengajar.

Kemendikbud memandang perlu sinergi dan peran Pemerintah Daerah dalam rekrutmen, redistribusi, peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru, serta penghargaan dan perlindungan bagi  guru.(emte)