Pembukaan Praresmi RNPK 2019


(Depok/Itjen Kemendikbud) - Suasana di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud, Sawangan, Jawa Barat sudah tampak cukup padat. Terlihat dari banyaknya orang yang berlalu lalang di sekitar area yang menjadi pusat acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2019. Sebab, hari Senin (11/2/2019) ini merupakan hari pembukaan praresmi acara RNPK yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan dihadiri oleh pejabat eselon 1 di lingkungan Kemendikbud beserta tamu undangan.

Pembukaan praresmi RNPK 2019 ditandai dengan permainan angklung oleh Mendikbud yang kemudian disambut pertunjukan gamelan oleh sanggar tari Gandrung Arum, Banyuwangi, dan dilanjutkan dengan anjangsana ke beberapa stan pameran.

Mendikbud mengapresiasi pameran stan yang ditampilkan oleh berbagai sekolah vokasi maupun perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan Kemendikbud.

"Menurut saya, pameran tahun ini lebih banyak memberikan informasi tentang capaian kinerja di bidang pendidikan dan kebudayaan khususnya Kemendikbud maupun provinsi, kabupaten, dan kota sebagai penerima sebagian wewenang dari bidang pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan UU no. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yaitu urusan pendidikan dan kebudayaan termasuk urusan pemerintahan konkuren, artinya kewenangannya pribadi antara pusat dan daerah," ujarnya. Mendikbud juga menjelaskan bahwa masih banyak hal yang belum dicapai, di antaranya wajib belajar selama dua belas tahun, sistem zonasi yang sedang dalam perbaikan secara bertahap, juga peningkatan sarana dan prasarana sekolah. (AD)