Presiden Jokowi Buka RNPK 2019


(Depok/Itjen Kemendikbud) – REMBUK Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 bertemakan " Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Gedung Garuda Pusdiklat Kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/02/2019).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengemukakan, RNPK 2019 diselenggarakan sebagai komitmen pemerintah untuk memperkuat sinergi antara lemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan yang merata dan berkeadilan.

RNPK 2019 diikuti 1.232 peserta terdiri dari pejabat jajaran kemendikbud pusat, dinas-dinas pendidikan di daerah, atase pendidikan di luar negeri, satuan kerja di lingkup kemendikbud, dan instansi terkait lainnya.

Peserta RNPK 2019 dibagi menjadi lima kelompok topik bahasan utama yakni penataan dan pengangkatan guru, revitalisasi pendidikan vokasi, sistem zonasi pendidikan, pemajuan kebudayaan, penguatan sistem perbukuan, dan literasi.

Helat RNPK didasari semangat untuk mencari alternatif pemecahan solusi yang lebih baik melalui forum diskusi dua arah dengan para narasumber yang dihadirkan untuk memberikan masukan tentang arah kebijakan pemerintah dan mendorong upaya percepatan peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan.

Joko Widodo mengingatkan, Indonesia saat ini berada di tengah persaingan ketat global, sehingga harus dilakukan peningkatan mutu SDM secepatnya agar levelnya lebih tinggi dari negara negara lain. “Itulah yang disebut kemenangan dalam persaingan atau kompetisi, mengingat ke depan, negara yang “berjalan” lebih cepat akan mengalahkan yang lebih lambat ,“ ujarnya. (FIK/NS)