Rektor Desak Seluruh Pimpinan USU Tandatangani Pakta Integritas


Jakarta, (Itjen Kemendikbudristek) - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin, mendesak seluruh dekan dan wakil dekan menandatangani pakta integritas sebagai komitmen menjadi bagian dari pimpinanan di lingkungan kampus, sekaligus bersedia dievaluasi kinerja dan menerima apapun sanksi yang diberikan.

“Sanksi terberat adalah diberhentikan. Pakta integritas ini menjadi komitmen bersama bahwa amanah yang diberikan harus ada pertanggung jawabannya,” tegas Dr Muryanto, seperti dikutip media ketika mengadakan pertemuan di Sibolangit.

Salah satu poin dari Pakta integritas itu adalah senantiasa menjaga nama baik bangsa dan negara, dan Universitas Sumatra Utara dengan bersikap amanah, tulus, ikhlas, bijaksana, serta menghindarkan diri dari perbuatan tidak terpuji/tercela atau melanggar etika akademik maupun etika dalam masyarakat.

Rektor mengatakan, bukan hanya harus menandatangani pakta integritas, dekan juga diminta untuk menandatangani perjanjian kinerja. Adapun poin penekanan dalam perjanjian kinerja itu berbunyi; Pihak Kedua (Rektor USU) akan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap capaian atas Perjanjian Kinerja dan mengambil tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberikan penghargaan dan sanksi kepada Pihak Pertama (dekan) atas capaian yang dihasilkan.

Sanksi dimaksud termasuk sanksi pemberhentian jabatan/tugas tambahan sebelum masa jabatan/tugas tambahan tersebut berakhir. “Dengan adanya perjanjian kinerja dan fakta integritas maka ada aturan main terhadap reward and punishment. Kalau bagus tentu akan diberi penghargaan, bila tak bagus harus siap diberhentikan di tengah jalan,” tegasnya.

Sementara itu, menurut mantan Dekan FISIP ini, gebrakan yang dilakukannya semata adalah untuk meningkatkan capaian kinerja. “Banyak yang harus kita benahi, dan semua harus satu visi dan misi agar perbaikan serta program yang dijalankan maksimal,” ujarnya.

Para pimpinan USU juga diminta untuk menjaga kehormatan sebagai ASN; mengerahkan segala daya dan upaya mewujudkan visi dan misi, bekerja profesional, disiplin, jujur, berdedikasi tinggi dan senantisa mengedepanan prinsip transparansi. Bersikap amanah, tulus dan ikhlas; mengupayakan perbaikan diri; menghindari KKN, tidak menerima gratifikasi dan menghindari segala bentuk benturan kepentingan dalam melaksanakan tugas.

Tags

rektorusu