Sambut HUT RI ke-76, Kemendikbudristek Gelar Lomba ‘Rayakan Merdekamu’


Jakarta, (Itjen Kemendikbudristek) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar lomba bertajuk ‘Rayakan Merdekamu’ untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Ajakan mengikuti lomba disampaikan langsung oleh Menteri Nadiem Makarim, kepada masyarakat umum melalui video yang disebar ke masyarakat sejak Minggu, (18/7). ‘Rayakan Merdekamu’ diharapkan dapat menumbuhkan semangat ditengah situasi pandemi, utamanya secercah kegembiraan bagi para peserta didik.

“Satu bulan lagi, Indonesia akan berusia 76 tahun. Begitu banyak tantangan yang telah dan sedang kita hadapi bersama, termasuk pandemic saat ini. Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka,” ajak Mendikbudristek.

Menyikapi pandemi yang masih berlangsung, kegiatan lomba akan berlangsung secara daring sehingga peserta dapat mengikuti lomba dari tempat masing-masing. Lomba dilaksanakan dengan cara menyebarluaskan potret keberagaman bangsa dan mengunggah semangat toleransi di ranah digital atau virtual. Pengumpulan karya dimulai dari tanggal 18 Juli 2021 sampai 9 Agustus 2021.

Mendikbudristek mengajak pelajar, mahasiswa, tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, dan rekan-rekan media untuk berpartisipasi dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’. Nadiem Makarim menyampaikan ajakannya untuk membangun Indonesia, “mari membangun Indonesia tangguh dan tumbuh dengan merayakan kemerdekaan kita dalam belajar, berkarya, dan berbangsa. Saya tunggu partisipasi kalian dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’,” tutupnya dalam video sosialisasi.

‘Rayakan Merdekamu’ menyediakan 8 kategori lomba untuk peserta yang mengikutinya. Kategori 1-6 diajak untuk mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertema kebinekaan. Karya dapat berupa menyanyikan lagu, membacakan puisi, menampilkan tarian, bercerita, berpantun, dan bentuk ekspresi lainnya.

Kategori 1 ditujukan untuk Siswa TK/PAUD/TKLB dan sederajat. Kategori 2 untuk Siswa SD/SDLB/Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) jenjang SD; Kategori 3 untuk siswa SMP/SMPLB/SILN jenjang SMP dan sederajat; Kategori 4 untuk siswa SMA/SMK/SMALB/SMKLB/SILN jenjang SMA dan sederajat; Kategori 5 untuk Mahasiswa/I; Kategori 6 untuk pelaku seni dan budaya/masyarakat umum.

Sedangkan, kategori 7 untuk pendidik dan tenaga kependidikan yang dapat berpartisipasi dalam lomba mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil mengajar dengan topik kebinekaan. Terakhir, kategori 8 untuk wartawan yang dapat mengikuti lomba dengan menulis artikel bertema kebinekaan.

Para juri terdiri dari perwakilan Kemendikbudristek, yaitu Pusat Penguatan Karakter sebagai penyelenggara utama lomba ‘Rayakan Merdekamu’, Biro Kerja Sama dan Humas, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Selain itu sejumlah pakar, tokoh, serta pelaku seni dan budaya juga dilibatkan dalam proses penjurian. Pejurian dilakukan pada tanggal 10-16 Agustus 2021.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 Agustus sebagai puncak acara. Kemendikbudristek akan menghadirkan tayangan pemilihan juara pertama setiap kategori oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. juara I-III setiap kategori akan mendapatkan alat elektronik pendukung pembelajaran, 10 besar finalis lomba akan mendapatkan piagam penghargaan dan ratusan serta lomba terpilih akan berkesempatan hadian hiburan. Karya-karya finalis akan dipamerkan pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id dan Rumah Digital Indonesia.

Lebih lanjut mengenai lomba ‘Rayakan Merdekamu’ dapat disimak pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id. Lomba ‘Rayakan Merdekamu’ turut didukung oleh Radio Republik Indonesia (RRI).