Sekjen Kemendikbud : Tinggalkan Legacy Yang Bermanfaat


Cimahi, (Itjen Kemendikbud) - Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi berpesan kepada seluruh pegawai kementerian untuk berbuat sesuatu yang baik selama bertugas, kemudian meninggalkan legacy (warisan) yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Tidak jamannya lagi hanya mengandalkan absen kehadiran tetapi tiap hari tidak berbuat sesuatu untuk kemajuan institusi," tegas Sekjen, ketika berbicara dihadapan ratusan pegawai sehubunhan 
pelaksanaan evaluasi survei internal zona integritas menuju Wbk di lingkungan Kemendikbud tahun 2018 di PPPPTK BMTI  Bandung, Senin  (29/10). 

Reformasi birokrasi dilingkungan Kemendikbud adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda lagi, khususnya melayani pemangku kepentingan yang menjadi tugas dan tanggung jawab institusi. Jika nantinya negara akan memberikan reward berupa kenaikan tunjangan kinerja (Tuken) tidak lain adalah buah dari pengabdian tanpa pamrih itu.

Kepala Biro Umum Kemendikbud Ahmad Mahendra sebagai pelaksanaan RBI Kemendikbud melaporkan, tahun ini dipilih 22 Satker yang menjadi  nominasi peraih calon Satker penerima status WBK dari Kementerian PAN-RB,  untuk kelompok BP PAUD  masing-masing Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, kemudian untuk kelompok Satker  LPMP masing-masing Jawa Timur, Bangka Belitiung, Kalimantan Timur, DKI Jakarta,Bali, Sumatera Barat dan Gorontalo.

Selain itu, juga diusulkan Pusat Kurikulum Perbukuan, Pusat Penilaian Pendidikan sedangkan untuk  kelompok Satker Balai Bahasa  masing-masing  Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Jogyakarta danJawa Timur.

Calon nominator lainnya Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri, PPPPTK Bidang  IPA dan PPPPTK BPidang Pen-Jasdan Bimbingan Konseling.

Tahun 2017 lalu, dari 45 Satker yang diusulkan mendapatkan sertifikat Wilayah Besar dari Korupsi(WBK) hanya tiga Satker yang lulus menjadi peraih WBK masing-masing BOE Malang, PAUD Dikmas Jawa Timur LPMP Jawa Tengah. (emte)