Seminar SPAK di Hakordia 2018


Seminar SPAK di Hakordia 2018

(Jakarta/Itjen Kemendikbud)-Dalam rangkaian acara Hari Antikorupsi Sedunia 2018, KPK menyelenggarakan rangkaian seminar Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK) yang diisi dengan peluncuran permainan (games) dan gelar wicara bertajuk Etalase Perubahan: Untuk Perubahan yang Ingin Kita Wujudkan. Acara tersebut diadakan pada hari kedua Hakordia 2018, Rabu (5/12/2018). Peserta yang hadir dalam acara tersebut berasal dari lembaga/kementerian yang telah menjadi agen SPAK serta aktivis perempuan dari berbagai daerah di Indonesia. Total peserta sekitar 600 undangan.
Acara diikuti oleh agen-agen SPAK untuk desa, kementerian/lembaga, aparat penegak hukum, serta gerakan masyarakat dan disabilitas.

Dalam sambutannya Mr.Pieter sebagai wakil dari Australia Indonesia Partnership of Justice (AIPJ2) mengatakan bahwa SPAK adalah wujud nyata dalam membangun budaya integritas.
"Pencegahan yang paling baik adalah dari kita sendiri, untuk tidak terlibat praktik-praktik korupsi," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir memberikan sambutan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang juga aktif memberikan pelatihan terhadap agen SPAK. Basaria menjelaskan bahwa gerakan SPAK ini tidak hanya diakui di Indonesia, tetapi juga di dunia. Menurutnya ada banyak sekali perempuan yang mendapatkan inspirasi dari adanya gerakan SPAK.

Basaria juga menjelaskan bahwa perempuan memiliki peran yang penting dalam menanamkan pemahaman nilai-nilai antikorupsi, salah satunya melalui permainan. “Ada berbagai permainan yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi,” ujarnya. Ia juga menyebutkan beberapa permainan yang dapat digunakan oleh para perempuan untuk dimainkan bersama anak-anak, salah satunya adalah permainan SIDAKA. (RIN)

Tags

SPAK
SIDAKA
KPK