Sistem Pengawasan BOS Tinggal Finalisasi


Bogor, (Itjen Kemendikbud) – Tim efektif pembangunan system pengawasan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang digagas Itjen Kemendikbud kemudian mendapat dukungan penuh dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Inspektur Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, kini memasuki babak akhir finalisasi dengan mensinkronkan seluruh system IT yang ada sebelumnya.

“Insya Allah bulan depan sudah dapat dilakukan uji coba terbatas”, kata Inspektur II Itjen Kemendikbud, Subiyantoro, di Bogor, Kamis, usai perampungan sinkronisasi data yang ada di Kermendikbud terkait bantuan pemerintah kepada daerah termasuk penyaluran dana BOS menjeklang di integrasikan dalam sebuah system “Cegah” yang menjadi ikon pengawasan BOS.

Data-data yang masuk dari berbagai data base itu, nantinya diolah melalui sebuah system berbasis IT sehingga seluruh auditor dan lembaga pengawasan yang ada kaitannya dengan penyaluran dana BOS dapat mengawal dengan cepat, tepat dan akurat.

Selain mengandalkan kecanggihan sistem pengawasan, Itjen Kemendikbud juga menyiapkan sebuah pedoman bersama, yang dirancang oleh tiga kementerian masing-masing para pakar di Kemendikbud, Kemendagri dan Kemenkeu dengan implementasi dari sistem pengawasan terpadu tersebut berjalan lancar hingga menjangkau basis sekolah sebagai penerima BOS.

Bulan depan, direncanakan uji coba pendahuluan kepada penerima BOS di provinsi, kabupaten dan kota di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan provinsi Banten sebelum diterapkan secara utuh di seluruh Indonesia.

Tahun ini, pemerintah pusat menyalurkan dana BOS sebanyak Rp 54 Triliun lebih guna menunjang kegiatan belajar mengajar di  seluruh sekolah di Indonesia.

Tags

finalisasi