SMK Negeri 3 Talang Tengah Bengkulu Bebaskan Biaya Sekolah Sampai Tamat


Jakarta, (Itjen Kemendikbud) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 di Desa Talang Tengah, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, sejak dua tahun terakhir membebaskan biaya sekolah untuk siswanya hingga tamat.  

Seperti yang dikemukakan kepada media, Kepala SMK Negeri 3 Afrijoni menyebutkan, kebijakan sekolah gratis hingga tamat untuk siswa ini diambil berdasarkan banyak faktor.  khususnya  kondisi ekonomi disekitar sekolah yang ia pimpin  berada di daerah yang tingkat ekonomi warganya cukup rendah.

Banyak anak-anak yang tidak dapat sekolah atau kesulitan karena orang tua tidak memiliki biaya. "Banyak anak desa yang tidak mampu sekolah karena alasan ekonomi. Awalnya kami melihat banyak siswa tidak mampu bayar.

Bahkan ijazah tidak diambil karena tidak ada uang, akhirnya menumpuk di lemari arsip milik sekolah," kata Afrijoni.

Selain itu, kondisi kemiskinan membuat banyak anak yang semestinya sekolah, malah harus membantu orang tua bekerja mencari nafkah.

"Makanya kami melakukan kegiatan ke rumah-rumah, membujuk orangtua dan anak-anak agar mau bersekolah. Apalagi kita berikan gratis hingga tamat," ujar Afrijoni.   

Sumbangan dari guru dan staf Tidak hanya itu, pihak sekolah juga memberikan pakaian seragam kepada murid secara cuma-cuma. Para guru dan staf sekolah di SMKN 3 bahkan rela menyisihkan sedikit gajinya untuk disumbangkan membeli pakaian seragam siswa.

"Setiap siswa masuk kami berikan baju seragam gratis, sehingga murid baru sekolah tinggal belajar saja. Semua kebutuhan kita lengkapi," kata dia. Sejauh ini SMK Negeri 3 memilik 4 jurusan, yakni akuntansi, pertanian, peternakan dan multimedia.