Sudah Saatnya Melirik Produk SMK


Jakarta, (Itjen Kemendikbud) - Sudah saatnya dunia usaha dan dunia industri melirik hasil produksi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang belakangan ini sudah beragam inovasi  memenuhi selera konsumen, menyusul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pembenahan menyeluruh melalui revitalisasi SMK.

Hasil inovasi dan kreasi dari berbagai SMK di Indonesia itu, nantinya akan dipamerkan pada perhelatan akbar Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan (RNPK) yang bakal berlangsung 11 - 14 Februari 2019 di Pusdiklat Kemendikbud Sawangan, Depok.

Mengutip penjelasan pihak penyelenggara RNPK 2019 hari Sabtu (9/2/2019), beberapa hasil produk SMK itu merupakan hasil kerjasama dengan pihak swasta antara lain Telkom, Cisco, Microsoft, Ekstramarks, Intel, Kobuta, Astra, ICS, Oracle, East West Seed, Kawan Lama, Toyota Motor, Festo dan Denso.

Tidak hanya dibidang manufaktur, produk inovatif SMK juga bergerak dibidang teknologi informasi dan pembuatan model dan model pembelajaran sehingga mudah diikuti para guru dan masyarakat luas, seperti bidang kuliner, fashion, industri pariwisata, perhotelan dan wirausaha.

Kegiatan tahunan itu, bakal diikuti  sekitar 1.290 peserta aktif dari pemangku kepentingan pendidikan dan kehudayaan seluruh Indonesia serta beberapa delegasi dari luar negeri dengan tema "menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan" yang rencananya akan dibuka presiden Joko Widodo. (emte)