Universitas di UE Makin Terbuka bagi ASEAN


PERHIMPUNAN Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa (UE) sepakat meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan melalui program Uni European Support to Higher Education (Share) di kawasan ASEAN.

Hal it terungkap dalam pembukaan pertemuan pertama Kerjasama dan Beasiswa ASEAN – UE yang berlangsung di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Rabu (8/8) dan antara lain dihadiri Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi dan Dubes UE untuk ASEAN Fransisco Fontan.

Melalui program Share di kawasan ASEAN tersebut , kesempatan bagi mahasiswa asal negara-negara ASEAN untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi (PT) di negara-negara UE semakin terbuka.

Didanai oleh UE, sebanyak 500 beasiswa akan diberikan bagi lulusan sarjana untuk menimba ilmu di sejumlah PT yang bekerjasama dalam program Share di kawasan ASEAN.

Sebanyak 120 beasiswa akan diberikan setiap semester. Ada 32 universitas di ASEAN dan 10 universitas di UE yang bergabung dalam program kerjasama Share. Indonesia sendiri mengikutkan empat PT yakni Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Universitas Diponegoro, Semarang, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi mengemukakan, program beasiswa merupakan salah satu upaya untuk mendidik generasi muda agar mampu memahami perspektif global dan lebih siap menghadapi tantangan zaman terutama terkait tantangan ekonomi, politik dan sosial budaya berkaitan dengan ASEAN, UE dan dunia.

Sementara Dubes UE menyebutkan, kesempatan bagi mahasiswa ASEAN belajar di luar negeri semakin terbuka dan manfaat yang diperoleh tidak hanya pendidikan tetapi juga bisa belajar bahasa dan budaya negara lain serta  memperluas jaringan relasi di tingkat global.

Selain Share, juga ada tambahan skema lain seperti Mobilitas Internasinal untuk Pelajar ASEAN (AIMS), Jaringan Universitas ASEAN (AUN) dan Sistem Credit Transfer  ASEAN (ACTS).

UE selama ini juga memberikan dukungan bagi mahasiswa ASEAN untuk memanfaatkan peluang belajar di Eropa melalui program Erasmus+ yang sudah diberikan bagi lebih  4.000 mahasiswa.

 

 

Tags

Beasiswa UE untuuk ASEAN
share