USAID Bantu Itjen Rumuskan Renstra dan Pengembangan WBS


(Jakarta/Itjen Kemendikbud) United States Agency for International Development (USAID) membantu Inspektorat Jenderal dalam merumuskan rencana strategis Inspektorat Jenderal 2020-2024 serta pengembangan Whistleblowing System (WBS). Sejumlah rekomendasi dirumuskan oleh tim konsultan USAID dan dibahas bersama dengan seluruh pejabat Inspektorat Jenderal, Selasa (31/7) bertempat di Hotel Atlet Century Jakarta.

Plt. Inspektur Jenderal Totok Suprayitno dalam sambutannya menyambut baik masukan yang diberikan oleh tim konsultan. “Rekomendasi terhadap rencana strategis ini harus inline dengan sasaran pembangunan nasional agar Itjen semakin kuat dan mampu membina satker-satker di lingkungan Kemendikbud,” ujar Totok.

Terkait WBS, saat ini telah ada WBS di lingkungan Itjen Kemendikbud. WBS tersebut dapat diakses melalui laman wise.itjen.kemdikbud.go.id untuk pengaduan internal dan posko-pengaduan.itjen.kemdikbud.go.id untuk pengaduan masyarakat. Sebagaimana didukung dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 126 Tahun 2014 tentang Penanganan Pengaduan Masyarakat di lingkungan Kemendikbud, Itjen memiliki peran sebagai koordinator dalam menangani pengaduan masyarakat. Sejumlah saran diberikan tim konsultan agar WBS Kemendikbud semakin baik. “Perlu adanya unit khusus di bawah Inspektorat Investigasi serta dukungan Peraturan Menteri yang khusus mengatur WBS,” ujar tim konsultan USAID. (MBS)