Unicamp Preloader
Berita

59 Peserta PKN Tingkat II Berkolaborasi Membangun Bangsa

59 Peserta PKN Tingkat II Berkolaborasi Membangun Bangsa

Penulis: Bagus Cahya Nugraha, Romanti

Jakarta, (Itjen Kemdikbudristek) – Sebanyak 59 peserta yang berasal dari beberapa kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VI Tahun 2022 yang diselenggarakan pada 20 Maret  hingga 29 Juli 2022 oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Semua peserta ini didorong untuk terus berkolaborasi membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sesjen Kemdikbudristek, Suharti dalam Penutupan PKN Tingkat II Angkatan 6 di Gedung Merah Putih Pusdiklat, Depok, Jumat (29/7). (Foto: Kemdikbudristek)

“Saya ucapkan selamat kepada para peserta yang sudah menyelesaikan seluruh proses PKN Tingkat II Angkatan VI dengan baik. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan di organisasi masing-masing dan berdampak positif bagi peningkatan kualitas kinerja organisasi publik Indonesia. Tetaplah berkolaborasi untuk membangun Indonesia,” ucap Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti pada acara Penutupan PKN Tingkat II Angkatan 6 di Gedung Merah Putih Pusdiklat, Depok, Jumat (29/7).

Suharti berkata,seluruh peserta PKN Tingkat II mempunyai kesempatan untuk berkontribusi optimal dalam penyusunan strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Oleh karenanya, semangat gotong royong dalam kerangka whole of government harus terus dipupuk dan dikembangkan.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Adi Suryanto mengapresiasi Kemendikbudristek yang telah sukses menyelenggarakan PKN Tingkat II Angkatan VI Tahun 2022. Kepada peserta PKN Tingkat II, Ari berpesan sebagai pemimpin perubahan harus mampu merumuskan dan mendeskripsikan setiap permasalahan yang ada di organisasinya. “Ketika kita punya agenda perubahan, bagaimana ide itu muncul, sampai kemudian dilaksanakan dan berhasil, itulah tugas kita sebagai pemimpin,” ujar Adi saat menutup acara.

Menurut Adi, menjadi pemimpin perubahan harus mampu memetakan stakeholder. “Sebagus apapun ide kita, sehebat apapun gagasan kita, kalau kita tidak mengetahui karakter stakeholder kita, tidak akan bisa jalan. Tugas kita adalah mengajak mereka untuk mendukung kita bahkan menjadi tim kita,” tuturnya.

Tema penyelenggaraan PKN Tingkat II Angkatan VI Tahun 2021, yaitu Membangun Ekosistem Pendidikan Berkualitas yang Partisipatif dan Kolaboratif”. Melalui tema ini, para peserta PKN Tingkat II Angkatan 6 tahun 2022 ini telah menghasilkan policy brief berjudul Strategi Peningkatan Gotong Royong dan Solidaritas dalam Mengatasi Learning Loss di Sekolah Dasar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusdiklat, Amurwani Dwi Lestariningsih melaporkan bahwa 59 orang peserta PKN Tingkat II Angkatan VI berasal dari Kemendikbudristek sebanyak 46 orang, Kemenpora 1 orang, Kemenko PMK 1 orang, Kemendes PDTT 1 orang, Kepolisian Negara Republik Indonesia 5 orang, Kabupaten Aceh Singkil 1 orang, Kabupaten Lampung Barat 1 orang, Kota Tebing Tinggi 1 orang, Kabupaten Banyuasin 1 orang, dan Kabupaten Paser 1 orang.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.