Berita

Kemendikbudristek Dorong Kolaborasi untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Kemendikbudristek Dorong Kolaborasi untuk Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Penulis: Romanti
Inspektur I, Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek merupakan salah satu pejabat yang dilantik dalam kesempatan ini. (Foto: Kemendikbudristek).

(Jakarta, Itjen Kemendikbudristek) – Transformasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) selama hampir lima tahun terakhir diharapkan memberikan arah baru bagi pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menegaskan pentingnya kolaborasi dalam mencapai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkarakter. Hal ini disampaikan dalam acara pelantikan sejumlah pejabat di Plasa Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Jumat (17/05/2023).

Suharti menekankan bahwa peningkatan kualitas layanan pendidikan merupakan prioritas utama dalam kebijakan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya. “Kami berharap semua pejabat yang dilantik hari ini mendukung kebijakan ini dan berkolaborasi untuk mengatasi tantangan dalam mewujudkan pembangunan SDM yang unggul dan berkarakter,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Suharti melantik beberapa pemimpin perguruan tinggi negeri, termasuk:

  1. Irwandi sebagai Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta periode 2024-2028,
  2. Ibrahim sebagai Rektor Universitas Bangka Belitung periode 2024-2028,
  3. Agung Dhamar Syakti sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji periode 2024-2028,
  4. Karta sebagai Rektor Universitas Negeri Makassar periode 2024-2028.

Suharti juga menekankan pentingnya peran satuan tugas dalam menangani isu perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi di perguruan tinggi. “Kami meminta agar satuan tugas yang telah dibentuk berperan aktif dalam mengatasi isu-isu tersebut,” tegasnya.

Selain itu, Suharti menyoroti pentingnya perguruan tinggi yang inklusif dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Suharti juga berbicara tentang pentingnya pengelolaan karir dosen kepada Lukman, yang dilantik sebagai Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. “Kami berharap Saudara dapat mempercepat proses perumusan kebijakan karir dosen dengan tetap menjaga integritas akademis,” ujarnya.

Untuk Lindung Saut Maruli Sirait, yang dilantik sebagai Inspektur I, Inspektorat Jenderal, Suharti menekankan pentingnya mengawal dan mengawasi layanan pendidikan dan kebudayaan dengan menguatkan integritas dan kepatuhan.

Suharti juga berpesan kepada pejabat Administrator dan Pengawas agar menjadi penentu awal dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. Kepala Bagian Tata Usaha, Inspektorat Jenderal, Retna Catur Wiji Sari merupakan salah satu pejabat administrator yang dilantik dalam kesempatan ini.

Menutup acara, Suharti berterima kasih kepada pejabat sebelumnya, termasuk Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Mohammad Sofwan Effendi, dan Rektor Universitas Negeri Makassar periode 2020-2024, Husain Syam, atas dedikasi mereka.

“Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan amanah ini dalam memimpin pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan demi mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Suharti.