Unicamp Preloader
Berita

Kemendikbudristek Gelar Upacara Peringatan HUT ke-51 KORPRI

Kemendikbudristek Gelar Upacara Peringatan HUT ke-51 KORPRI

Penulis: Afiandari Nur A, Romanti

(Jakarta, Itjen Kemendikbudristek) – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar upacara bendera di halaman kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11). Bertindak selaku pembina upacara yaitu Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat Muhammad Adlin Sila, diikuti para pejabat dan segenap anggota KORPRI di lingkungan Kemendikbudristek.

Pemimpin upacara dari Itjen, beserta peserta upacara dalam Upacara HUT Ke-51 KORPRI di Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (29/11). (Foto: Itjen – Ikram).

Melalui sambutannya, Adlin menyampaikan harapan agar organisasi KORPRI dapat berperan lebih dalam mendukung Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara negara. Terlebih tantangan yang dihadapi terus-menerus berubah.

“Oleh karena itu, KORPRI pun perlu menyesuaikan, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN,” ujar Adlin.

Lebih lanjut dijelaskan Adlin, seluruh anggota KORPRI harus terlibat aktif supaya dapat berperan lebih.

Kemudian terkait program utama KORPRI yang telah ditetapkan, Adlin mengatakan, melalui program tersebut KORPRI ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya.

Adapun program utama KORPRI di antaranya

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi
  2. Menguatkan ideologi dan karakter ASN
  3. Perlindungan karier dan bantuan hukum ASN
  4. Peningkatan kesejahteraan ASN

KORPRI sebagai perkumpulan para penyelenggara negara, terang Adlin, harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

“Bahkan, kita sudah melakukan sumpah atau janji untuk menjadi benteng bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Sehingga mau tidak mau, kita harus aktif berperan menjadi teladan dan memegang nilai-nilai ASN,” terangnya.

Selain itu, KORPRI juga harus menjunjung nilai toleransi, menghalau radikalisme-fanatisme, dan mengutamakan hajat hidup seluruh rakyat, bukan hanya segelintir golongan saja.

Mengakhiri pidato sambutannya, Adlin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI. “ASN bersatu, KORPRI tangguh dan Indonesia tumbuh,” seru Adlin.