Berita

Kemendikbudristek Perpanjang Pendaftaran Potret Cerita Kurikulum Merdeka hingga 2 Juni 2024

Kemendikbudristek Perpanjang Pendaftaran Potret Cerita Kurikulum Merdeka hingga 2 Juni 2024

Penulis: Romanti

 

(Jakarta, Itjen Kemendikbudristek) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan perpanjangan pendaftaran Potret Cerita Kurikulum Merdeka hingga 2 Juni 2024. Keputusan ini diambil untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi guru, murid, dan orang tua untuk berpartisipasi dan berbagi praktik baik dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Aswin Wihdiyanto, menyatakan bahwa perpanjangan ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh ekosistem pendidikan yang telah aktif mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. “Masa perpanjangan ini memungkinkan lebih banyak cerita dan pengalaman berharga terkait transformasi pendidikan yang sudah berlangsung di berbagai daerah,” ujarnya​ (Vokasi Kemendikbud)​​ (BPMP Provinsi Kalimantan Tengah)​.

Potret Cerita Kurikulum Merdeka adalah bagian dari Festival Kurikulum Merdeka 2024, sebuah acara yang bertujuan untuk menampilkan keberagaman metode dan pendekatan dalam pembelajaran yang telah diterapkan sejak Kurikulum Merdeka diperkenalkan. Para peserta dapat mengunggah karya mereka, baik berupa foto maupun video, di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan YouTube Shorts​ (BPMP Provinsi Kalimantan Tengah)​.

Aswin menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan refleksi terhadap praktik baik yang sudah dilakukan. “Dengan berbagi cerita melalui foto dan video, kita dapat melihat berbagai cara inovatif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, yang dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain,” tambahnya​ (Vokasi Kemendikbud)​.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran, peserta dapat mengunjungi laman resmi Festival Kurikulum Merdeka di kurikulum.kemdikbud.go.id/festivalkurikulummerdeka atau mengunduh panduan lengkap di bit.ly/panduanpotretcerita​ (BPMP Provinsi Kalimantan Tengah)​.