Berita

Kolaborasi Polimarin dan Mitra Internasional Lahirkan Zheng He College untuk Cetak Talenta Maritim Global

Kolaborasi Polimarin dan Mitra Internasional Lahirkan Zheng He College untuk Cetak Talenta Maritim Global

Penulis: Romanti
Polimarin bersama dengan tiga mitra Internasional yang berasal dari China menandatangani perjanjian kerja sama dalam meluncurkan Zheng He College. (Foto: Kemendikbudristek).

(Semarang, Itjen Kemendikbudristek) – Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) memperkuat kerja sama internasional dengan meluncurkan Zheng He College, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja maritim berstandar global. Program ini merupakan hasil kolaborasi dengan Jiangsu Shipping College (JSSC) China, Jiangsu Zhongtian Technology (ZTT), Shanghai Sinoship Seafarer Management, dan Jiangsu Zheng He Research Association.

Acara peluncuran Zheng He College berlangsung di Kampus Polimarin, Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (15/05/2024), dihadiri oleh 12 perwakilan dari perguruan tinggi dan industri Tiongkok serta sejumlah mitra. Peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan dokumen kerja sama antara pihak-pihak yang terlibat.

Zheng He College dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di bidang kemaritiman di Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka peluang bagi daerah untuk memasuki pasar internasional, meningkatkan potensi ekonomi lokal, dan memperkuat hubungan budaya antara Indonesia dan Tiongkok.

Direktur Polimarin, Akhmad Nuriyanis, menyatakan bahwa kerja sama dengan JSSC merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan lulusan Polimarin agar memenuhi standar industri maritim global. JSSC sendiri menunjukkan komitmen tinggi dalam menyediakan pendidikan vokasi kemaritiman yang berkualitas internasional.

“Kerja sama ini diharapkan dapat saling menguatkan kedua institusi vokasi. Dukungan dari mitra JSSC akan memfasilitasi Polimarin dalam menyiapkan SDM vokasi maritim yang berkualitas dunia,” ujar Akhmad.

Program Zheng He College mencakup pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi yang meningkatkan kompetensi pengajar dan peserta didik. Saat ini, tim pengajar dari JSSC sudah berada di Polimarin dan siap memberikan pelatihan bahasa Mandarin bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini. Peserta juga berkesempatan mengikuti pendidikan kemaritiman langsung di JSSC.

Mahasiswa yang memenuhi kriteria dapat berpeluang bergabung atau bekerja di industri mitra JSSC, memberikan keuntungan praktis bagi lulusan. Selain pertukaran mahasiswa, program ini juga mencakup pertukaran dosen, memperkaya wawasan keilmuan di kedua institusi.

Direktur Jiangsu Shipping College, Wu Lihua, mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan prioritas yang melibatkan berbagai pihak dan mencerminkan semangat pertukaran budaya antara Tiongkok dan Indonesia.

“Zheng He College menunjukkan komitmen dari lima pihak dalam membina bakat maritim nasional dan mengumpulkan sumber daya pendidikan serta praktisi unggul. Ini menandai pendekatan baru terhadap reformasi pendidikan kemaritiman,” jelas Wu Lihua.

Kolaborasi ini menjadi istimewa mengingat sejarah Laksamana Cheng Ho yang berlayar dari Nantong/Jiangsu dan tujuh kali singgah di Jawa, termasuk Semarang, menciptakan hubungan historis yang kuat antara kedua negara.