Unicamp Preloader
Berita

Komisi X DPR RI Apresiasi Implementasi Merdeka Belajar Episode 23

Komisi X DPR RI Apresiasi Implementasi Merdeka Belajar Episode 23

Penulis: Romanti
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim didampingi oleh Sesjen, Staf Khusus Bidang Pembelajaran, dan beberapa pejabat dan staf Kemendikbudristek lain dalam Raker dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Rabu, (29/03/2023). (Foto: Kemendikbudristek)

(Jakarta, Itjen Kemendikbudristek) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) selalu memberi perhatian pada literasi anak bangsa. Salah satu bentuk perhatian adalah diluncurkannya Merdeka Belajar Episode ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia pada Februari 2023 lalu. Merdeka Belajar ke 23  berfokus pada pengiriman buku bacaan yang bermutu beserta pelatihan untuk guru bagi jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

Dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI pada Rabu, (29/03/2023) lalu, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa Kementerian yang ia pimpim menyediakan lebih dari 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu disertai pelatihan dan pendampingan pada lebih dari 20 ribu PAUD dan SD yang paling membutuhkan di Indonesia sepanjang tahun 2022. Pemanfaatan dari buku-buku bacaan tersebut telah dirasakan di beberapa daerah.

“Kami sudah mendengar cerita yang luar biasa di lapangan, dari buku bacaan bermutu yang disediakan Kemendikbudristek tahun lalu, anak-anak SD Tefila Rote-Ndao, Nusa Tenggara Timur memanfaatkan buku untuk kegiatan membaca mandiri. Selain itu, SDN 7 Kesiman, Denpasar, memanfaatkan proyektor dan platform digital untuk menggantikan big book. Ini merupakan hal yang cukup revolusioner,” ujar Mendikbudristek

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menanggapi pernyataan Mendikbudristek dengan apresiasi atas upaya konkret yang dilakukan Kemendikbudristek. Hal ini adalah saat yang ditunggu-tunggu masyarakat.

“Saya juga sempat mengecek website, mudah diakses. Bukunya keren-keren, visualisasinya menarik anak-anak, temanya juga menarik termasuk di dalamnya sudah ada isu kesehatan dan kebencanaan. Saya salut dengan kebijakan literasi ini,” ungkap Hetifah.

Anggota Komisi X DPR RI lainnya, Zainuddin Maliki turut mendukung kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-23 ini. Perubahan literasi, lanjut Zainuddin, akan lebih efektif jika disertai dengan buku bacaan bermutu.“Kemampuan membaca dan mendengar anak-anak akan lebih efektif jika disertai buku bacaan bermutu, semoga kebijakan ini dapat dinikmati oleh para pegiat literasi,” tutur Zainuddin.