Unicamp Preloader
Artikel

Mahasiswa, Inilah Manfaat Magang!

Mahasiswa, Inilah Manfaat Magang!

Penulis: Ananda Rony A, Romanti
Beberapa peserta magang di Itjen Kemendikbudristek dilibatkan dalam kepanitiaan acara besar. (Foto: Redaksi-Ikram).

Magang adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi tertentu, sebagai syarat kelulusan. Tujuan magang adalah agar mahasiswa merasakan proses menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan di dunia kerja secara langsung. Pemagang juga bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri maupun instansi sebenarnya.

Program magang yang telah diatur dalam Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 21-30, rincian peraturan program magang ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.22/Men/IX/2009 tentang penyelenggaraan pemagang dalam negeri. Dari lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) , terdapat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menyebutkan magang yang telah dilakukan mahasiswa dapat diklaim menjadi angka kredit.

Inilah beberapa manfaat magang bagi mahasiswa :

  1. Pengalaman Pekerjaan

Manfaat dari magang yang pertama adalah kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman kerja yang bisa membuatmu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Perusahaan pada saat ini mencari pelamar pekerjaan fresh graduate, namun ada kalanya mereka mendahulukan  yang berpengalaman di dunia pekerjaan. Karena itu pengalaman magang akan  sangat bermanfaat bagi mahasiswa baik untuk memperkaya pengalaman di dunia kerja dan menambah kualitas diri.

  1. Mengembangkan Keterampilan

Saat melaksanakan magang, kamu akan mendapatkan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan keterampilan praktis dan kamu pun dapat belajar hal baru dari setiap tugas yang diberikan. Kamu bisa menambah, mengasah, dan mengembangkan keterampilan yang baru kamu temui ataupun yang sudah kamu pelajari di kampus sebelumnya.

  1. Meningkatkan Relasi Dalam Lingkungan Profesional

Semakin banyak relasi dalam lingkungan profesional, kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar keahlian dalan suatu bidang, mendapatkan mentor yang berpengalaman, dan mendapatkan berbagai kesempatan besar lainnya seperti mendapatkan rekan bisnis ,ataupun dipilih sebagai karyawan tetap.

  1. Menambah Pengalaman Kerja Pada Reesume

Resume atau Curriculum Vitae (CV)  sangat berharga dalam dunia pekerjaaan dikarenakan pengalaman magang bisa dimasukkan dalam daftar resume. Hal ini dilakukan karema pengalaman tersebut bisa menjadi bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancarai kamu saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Apalagi jika kamu mendapatkan nilai yang sangat memuaskan dalam magang tersebut, tentu saja kamu mendapatkan penilaian lebih untuk berpeluang diterima di perusahaan yang kamu masuki.

  1. Meningkatkan Kualitas Diri

Kemampuan berkomunikasi kamu dan berbagai kemampuan lain akan meningkat dikarekan kamu perlu berkoordinasi dengan kolega lainnya. Hal ini akan sangat berdampak positif ke semua aspek dalam hidup kamu. Perusahaan pun akan melihat ini sebagai nilai lebih saat kamu melamar setelah wisuda.

  1. Program Magang Membuka Wawasan

Ada banyak wawasan yang bisa didapatkan dengan mengikuti program magang. Pada saat kamu mendapatkan tugas pada tiap-tiap divisi perushaan dan kamu terlibat pada sebuah proyek perusahaan, wawasan kamu dengan sendirinya akan bertambah. Semua wawasan yang didapatkan akan membuat kamu lebih siap masuk dunia kerja. Dan kamu bisa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap kerja dan bisa diandalkan dikarenakan wawasan kamu tentang dunia kerja sangat luas.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat lain dari magang adalah meningkatkan kepercayaan dirimu saat melamar pekerjaan disuatu perusahaan atau instansi. Karena kamu telah mendapatkan berbagai macam ilmu dari magang, kamu tentu saja sudah siap untuk menempuh jenjang karier selanjutnya.

Pada saat kamu memasuki dunia kerja, kamu tinggal menerapkan apa saja yang sudah dipelajari dari tempat kamu magang sebelumnya.

  1. Eksplore Berbagai Karier/Pekerjaan

Bingung saat memilih pekerjaan saat setelah lulus perguruan tinggi disebabkan kurangnya pengalaman di dunia kerja secara langsung? Dengan mengikuti magang, kamu bisa memikirkan dan merefleksikan pekerjaan apa yang kamu kerjakan ketika magang, apakah memang bidang yang kamu minati atau tidak. Pengalaman tersebut akan sangat berguna bagi keputusan karier kamu selanjutnya.

 

Nah, itu tadi beberapa manfaat magang. Bagaimana, tertarik untuk magang, atau sudah bersiap mendaftar magang? Di kesempatan berikutnya, akan kami sajikan beberapa perusahaan atau instansi penerima magang. Tunggu postingan kami selanjutnya ya!