Kongres Musik Tradisi Nusantara Perdana Digelar

Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam peluncuran Kongres Musik Tradisi Nusantara secara virtual, Rabu (01/09).

Jakarta, (Itjen, Kemendikbudristek) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk pertama kalinya menggelar Kongres Musik Tradisi Nusantara (KMTN) di Indonesia. Rangkaian kongres diselenggarakan sejak 20 Agustus 2021.

Pada 1 september 2021, kongres berhasil meramu sepuluh rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah dan diserahkan secara simbolis kepada Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, secara virtual.

Pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) untuk musik tradisi Nusantara menjadi salah satu butir utama dari sepuluh rekomendasi. Menteri Nadiem mengemukakan bahwa pemilihan istilah “kolektif” untuk sebuah Lembaga manajemen seni adalah suatu pilihan yang sangat tepat.

“Identitas Nusantara selama ini telah terbangun oleh kolektivitas seni dan budaya, yang termasuk di dalamnya adalah musik tradisi,” Ucap Menteri Nadiem. Menurutnya, seni bukanlah sekadar ekspresi, tapi juga identitas bersama.

Pengintegrasian musik tradisi Nusantara dengan dunia pendidikan penting dilakukan untuk menguatkan pemahaman tentang keberagaman serta penguatan identitas kebangsaan. Hal ini dilakukan dengan cara menyediakan dan memasukkan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal dan informal.

“Kami akan mengembangkan materi pengembangan pendidikan musik tradisi untuk pendidikan formal dan informal dari jenjang PAUD sampai SMA, termasuk di Sekolah Luar Biasa,” Tutur Menteri Nadiem.

Kemendikbudristek berkomitmen untuk meningkatkan nilai dan keterampilan budaya, sosial, dan ekonomi para pelaku dan penggiat musik tradisi Nusantara. Salah satu wujud komitmen adalah menyediakan program beasiswa bagi pelaku budaya. Kemendikbudristek juga akan menyelenggarakan Festival Musik Tradisi Indonesia untuk menghidupkan kecintaan masyarakat luas terhadap jati diri bangsa Indonesia.

Ditulis oleh: Evira Devi, Romanti

0 komentar

Mari berkomentar

Email anda tidak akan ditampilkan.