Itjen Kemendikbud Siaga Covid-19

Mari berkontribusi untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan bekerja dari rumah. #dirumahaja

Berita

BAGAIMANA CARA PAKAI INSULIN?

oleh dr. Webby Bernica (Dokter Klinik Itjen Kemdikbudristek) Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi energi dan membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh yang diproduksi oleh pankreas. Pena insulin adalah alat kesehatan yang digunakan untuk pemberian insulin buatan ke dalam jaringan subkutan. Cara pemberian insulin dengan jarum suntik dan […]

Kenali Prosedur Implan Gigi

drg. Kharima Abdullah (Dokter Gigi Klinik Itjen Kemdikbudristek) Implan merupakan prosedur pemasangan suatu bahan atau alat buatan di dalam tubuh. Implan gigi merupakan prosedur pemasangan akar gigi buatan seperti baut untuk menyanggah mahkota gigi buatan yang ada di atasnya. Pemasangan implan akar gigi akan diiringi dengan pemasangan mahkota. Walaupun terlihat seperti satu kesatuan, ada beberapa […]

KRISIS HIPERTENSI (HYPERTENSIVE CRISIS)

oleh dr. Novrina W. Resti (Dokter Klinik Itjen Kemdikbudristek) Krisis hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah yang sangat tinggi ketika tekanan sistolik lebih dari 180 mmHg dan diastolik lebih dari 120 mmHg. Krisis hipertensi terdiri dari hipertensi emergensi dan hipertensi urgensi. Hipertensi Emergensi Hipertensi emergensi adalah suatu keadaan akut ditandai dengan tekanan darah yang sangat […]

Unduh Dokumen

                           

Unduh Dokumen

Data Kasus Positif Covid-19 Indonesia
Sumber : covid19.go.id
LANGKAH PENTING

3 hal yang Anda harus ketahui!

Ketahui Cara Mengurangi Risiko

Cara terbaik mencegah adalah tidak terpapar virus corona. Kebanyakan orang tertular langsung akibat menghirup percikan batuk atau napas orang sakit. Orang juga bisa tertular virus karena menyentuh permukaan benda yang tercemar percikan batuk atau napas orang sakit. Para ahli mengatakan virus corona dapat hidup di permukaan benda selama beberapa jam sampai beberapa hari dan karena itu, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir menjadi sangat penting.

Ketahui Informasi yang Benar

Penting untuk terus mengikuti pemberitaan terbaru COVID-19 dan jangan terperangkap dalam berita hoaks atau informasi yang salah.

Bagaimana Jika Saya Sakit ?

Gejala utama adalah demam, rasa lelah dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare, Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap.

Namun bila mengalaminya, tidak berarti Anda terkena virus corona karena gejala-gejala itu mirip dengan flu biasa.

Bekerja Dari Rumah

Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan pegawai Itjen selama bekerja dari rumah :

Formulir Pendataan Pegawai dan Kontak Darurat

Klik Disini

Aplikasi Surat Tugas

Aplikasi Surat Tugas digunakan untuk manajemen penugasan pegawai di lingkungan Itjen Kemendikbud

Klik Disini

Aplikasi Form Pemantauan Mudik

Form pemantauan mudik sesuai SE Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor .11/SE/IV/2020

Klik Disini

Email Kemendikbud

Mail Kemdikbud aplikasi yang digunakan untuk membuka email pegawai @kemdikbud.go.id

Klik Disini

Aplikasi SKP

Aplikasi SKP untuk mengisi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Kemendikbud

Klik Disini

Aplikasi Kehadiran Daring Rapat

Aplikasi Kehadiran Daring Rapat Itjen Kemendikbud

Klik Disini

Aplikasi Kehadiran

Aplikasi Kehadiran untuk melihat data kehadiran pegawai

Klik Disini

Aplikasi Matahati

Aplikasi Matahati digunakan untuk kegiatan audit dan tindaklanjut audit di lingkungan Itjen Kemendikbud

Klik Disini

Aplikasi Persuratan

Aplikasi Persuratan digunakan untuk memantau surat masuk dan ke luar di lingkungan Kemendikbud

Klik Disini

Aplikasi Laporan Harian WFH

Sekretariat (TU + Perencanaan)

Aplikasi laporan harian selama Working From Home

Klik Disini
TINDAKAN PREVENTIF

Itjen Kemendikbud Siaga dan Waspada Virus Korona

VIDEO EDUKASI

Yuk saksikan beberapa video edukasi berikut agar pengetahuan kita terkait virus korona semakin baik 🙂

Apa itu Virus Korona ?

Tips Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Masker

Isolasi Mandiri

Protokol Kesehatan Korona

Social Distancing

#FAQ

TANYA JAWAB

Beirkut beberapa pertanyaan populer seputar Covid-19 :

Apa itu virus Korona baru dan Covid-19 ?

Virus corona baru atau novel coronavirus (nCoV) adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV. Virus corona baru adalah virus baru, tapi mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa.

Apa saja tanda / gejala infeksi virus Corona ?

Bila seseorang terinfeksi virus, dia akan menunjukkan gejala dalam 1-14 hari sejak terpapar virus. Gejala umumnya adalah a. demam b. rasa lelah c. batuk kering Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas. Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan mengalami sakit lebih serius. Karena gejala-gejalanya mirip flu biasa, maka perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona. Tes tersedia di rumah sakit-rumah sakit rujukan bagi orang yang mengalami gejala-gejala atas dasar perintah dokter. Kunci pencegahan virus corona (COVID-19): Sering suci tangan pakai sabun dan air mengalir, hindari menyentuh muka, jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan), bila batuk atau bersin: tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu yang dibuang langsung ke tempat sampah tertutup setelah dipakai.

Ada gejala ringan yang dialami pegawai / anggota keluarga, bagaimana cara saya merawatnya di rumah ?

Bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, rasa lelah atau batuk kering, cari pertolongan pada sarana kesehatan dan ikuti perintah tenaga kesehatan. Bila diminta rawat di rumah dan Anda mampu, tempatkan anggota keluarga itu di ruang terpisah yang memiliki akses ke kamar mandi. Anggota keluarga itu harus memakai masker dan menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh meninggalkan rumah kecuali berobat. Meski terisolasi, Anda masih dapat menunjukkan kasih sayang dan perhatian dengan tetap berkomunikasi via telepon atau WA, bantu mengerjakan tugas-tugasnya yang terbengkalai dan menyediakan makanan untuknya. Secara teratur bersihkan permukaan benda-benda atau bagian-bagian di rumah yang sering disentuh tangan dengan disinfektan termasuk kamar mandi yang digunakan anggota keluarga yang tengah diisolasi setiap selesai digunakan.

Apakah ada obat khusus mencegah penyebaran virus corona ?

Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19). Mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit. Sebagian besar pasien sembuh karena perawatan untuk gejala yang dialami. Beberapa perawatan spesifik saat ini tengah diteliti, dan akan melalui uji klinis. WHO membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan dengan sejumlah mitra.

Bagaimana cara mencegah penyebaran virus Korona ?

a. Sering suci tangan pakai sabun dan air mengalir b. Hindari menyentuh muka c. Jauhi orang yang menunjukkan gejala (demam, batuk kering, kelelahan) Bila Anda mengalami demam, rasa lelah dan batuk kering, segera cari pengobatan. Anda dapat menguatkan sistem kekebalan diri dengan melakukan perilaku sehat, seperti olah raga teratur, makan makanan bergizi seimbang, tidak merokok dan memastikan Anda dan anak Anda mendapat imunisasi lengkap.

Apa yang harus dilakukan jika anak saya menunjukkan gejala virus korona ?

Segera cari petolongan medis namun ingat bahwa gejala-gejala infeksi virus corona yang baru ini (batuk atau demam) sebetulnya tidak berbeda dengan gejala-gejala flu biasa. Terus lakukan perilaku bersih cuci tangan pakai sabun dan pastikan anak telah diimunisasi sehingga anak Anda terlindungi dari virus dan penyakit lain. Hindari tempat umum (tempat kerja, sekolah, transportasi umum) untuk mencegah penyebaran.

Apa saja yang tidak boleh saya lakukan ?

Tindakan-tindakan berikut TIDAK EFEKTIF melawan COVID-19 dan bahkan bisa berbahaya: a.Merokok b.Mengenakan lebih dari satu masker c.Meminum antibiotik Apa pun keadaannya, jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, segeralah mencari pertolongan medis untuk mengurangi risiko terkena infeksi yang lebih parah dan sampaikan riwayat perjalanan Anda baru-baru ini kepada tenaga kesehatan.

KONTAK

Gugus Tugas Pencegahan Korona di Lingkungan Itjen Kemendikbud

Telepon

0215737104

Email

itjen@kemdikbud.go.id

Alamat

Gd. B Lantai 1 Itjen Kemendikbud Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat 10270

to top